Mengapa template AMP menjadi pilihan publisher


Caraa.id - kali ini caraa.id akan membuat sebuah artikel yang berisi tentang pentingnya memilih template AMP. Mengapa template AMP (Accelerated Mobile Pages ) menjadi pilihan publisher ?

Apa keuntungannya jika menggunakan template AMP ?
Mungkin pertanyaan ini sangat sering ditanyakan oleh penulis yang baru saja terjun ke dunia blogger. Pastinya rasa ingin tahu tentang Template AMP sudah banyak di pikiran mereka, Nah untuk yang sudah mengetahuinya Saya rasa ini perlu diulas kembali agar tetap fokus pada tujuan menggunakan template AMP Blogspot sebagai pilihan bagi publisher.

Sebelum mengulas lebih dalam tentang template amp sebaiknya kita ketahui dulu apa sebenarnya AMP itu. AMP (Accelerated Mobile Pages) dari artinya AMP adalah laman mobile yang dipercepat jadi ketika browsing menggunakan perangkat mobile, template blog yang menggunakan HTML AMP akan sangat cepat diakses, hanya memerlukan beberapa detik laman blogger sudah terbuka dengan sempurna.

Baca : Kelebihan Dan Kekurangan Template AMP


Mengapa Template AMP Menjadi Incaran Publisher ?
Menurut statistik search Google analystic kebanyakan pengguna mencari sebuah informasi dari Google melalui perangkat seluler. Dahulu kala sebelum adanya smartphone website atau blogger dibanjiri pengunjung yang menggunakan perangkat desktop, semakin berkembangnya teknologi perangkat mobile pun sudah bisa mengakses internet. Awalnya website atau blog bisa diakses menggunakan perangkat mobile namun tampilannya seperti tampilan pada perangkat desktop. Teknologi pun semakin lama semakin berkembang mesin telusur semakin canggih dan Para pemilik website atau blog mulai membuat tampilan website atau blognya (responsive) jika diakses menggunakan mobile berbagai ukuran.

Pada tanggal 23 Februari 2016 Google meluncurkan sebuah ide baru untuk mesin pencari Google yaitu AMP (Accelerated Mobile Pages) laman selular yang dipercepat. Awalnya publisher yang menggunakan platform blogger kebingungan Bagaimana AMP ini bisa diterapkan di blogspot, dan akhirnya beberapa Master blogger Indonesia telah merilis beberapa template yang support HTML AMP. Mengetahui hal ini penulis konten blog pun memburu template amp yang sedang viral di dunia blogger, hingga saat ini pemilik blog yang awalnya tidak menggunakan template Non AMP kini ingin berpindah menggunakan tempat AMP.


Apa keuntungan menggunakan template AMP ?
Berhubung sekarang jamannya smartphone pengunjung terbanyak menggunakan perangkat mobile untuk mengakses internet salah satunya ketika mencari informasi di Google. Di sini menjadi keuntungan tersendiri bagi publisher yang menggunakan template AMP khususnya bagi para publisher yang membuat konten untuk ditargetkan kepada pengguna yang mengakses melalui perangkat mobile.

AMP menjadi kepuasan tersendiri bagi pengunjung karena ketika membuka sebuah halaman website atau blog pengunjung tidak memerlukan waktu lama untuk me load halaman sebuah situs yang ada pada mesin pencari. Selain itu Google akan memberikan fasilitas tersendiri bagi pemilik situs yang menggunakan HTML AMP dengan memberi logo petir pada awal deskripsi judul konten yang ada di mesin pencari.

Ketika pengunjung searching melalui pencarian Google, situs yang menggunakan Accelerated Mobile Pages lebih diutamakan oleh mesin pencari, artinya konten yang anda miliki akan naik peringkatnya di mesin pencari google. Karena Google akan mengutamakan pengguna yang mengakses internet melalui mobile dengan menyajikan berbagai informasi dari situs yang telah valid AMP. Selain itu pengunjung tidak akan menguras paket data pada smartphone yang mereka miliki, sebab situs yang telah valid AMP akan lebih ringan / tidak memakan kota banyak untuk menload situs tersebut.

Itulah alasan mengapa para publisher sangat mengidam-idamkan template AMP. Selain mendapatkan keuntungan dari pihak Google pengunjung yang akan mengakses ke situs yang kita miliki juga akan mendapatkan keuntungan, Karena untuk membuka situs tidak memerlukan waktu yang lama dan tidak memakan banyak paket data.

Jangan lupa like fanpage caraa.id dan share artikel ini kepada sahabat blogger dimanapun berada. Jika ada Point yang kurang dari artikel diatas silahkan komen melalui komentar disqus di bawah. Terima kasih telah berkunjung salam blogger… :)


Silahkan Berkomentar

Disqus Comments