Penyebab & Cara Memperbaiki Sayangnya Play Store Telah Berhenti


Penyebab dan cara mengatasi sayangnya playstore telah berhenti pada android - Google Play Store adalah salah satu aplikasi yang wajib ada pada Android. Jika Android tidak memiliki Google Play Store maka hp tidak bisa mendownload aplikasi atau memperbarui aplikasi yang ada smartphone Android anda.

Jika pada HP Android Anda pernah mengalami pesan error yang muncul pada layar Android dengan pesan “Sayangnya Google Playstore telah berhenti” atau Google Play Store Anda tiba-tiba keluar dan tidak bisa dibuka lagi (ngelag) Berarti ada yang tidak beres dengan smartphone Android Anda.

Sebenarnya untuk kasus seperti ini sering terjadi pada setiap Android tidak memandang merk ataupun harga karena penyebab terjadinya pesan error sayangnya Google Playstore telah berhenti adalah penggunaan HP yang tidak sewajarnya. Sering ditemukan pada smartphone Android seperti Samsung Galaxy, Lenovo, asus, xiomi, HTC, LG, Sony Xperia, Oppo, Advan, Smartfren dan lain-lain.

Baca juga :

Selagi smartphone yang Anda gunakan adalah Android versi Jelly Bean, KitKat, dan Lollipop penyebab pesan error sayangnya Google Playstore telah berhenti masih bisa terjangkit. Beberapa penyebab terjadinya pesan error antara lain :

  • File cache pada aplikasi penuh
  • Penggunaan aplikasi yang berlebihan
  • Banyaknya file sehingga membuat Android menjadi berat
  • Ada pembaruan pada sistem operasi Android
  • Berulang membuka dan menutup aplikasi secara tidak wajar
  • Ketika memperbarui Google Play Store jaringan terputus sehingga free download macet dan membuat data download tidak sempurna

Cara memperbaiki Google Playstore telah berhenti

Masalah terjadinya pesan error yang muncul pada layar Android dengan pesan Google Playstore telah berhenti merupakan kerusakan pada hardware smartphone anda karena kejadian seperti itu merupakan kesalahan pada software atau perangkat lunak smartphone Android. Tapi tenang caraa.id akan membagikan beberapa trik untuk mengatasi Google Play Store for close diantara ialah :

Delete File Cache
Hapus file sampah atau cache yang terdapat pada aplikasi Google Play Store. Dalam hal ini anda bisa melakukan menggunakan dua metode :

  1. Metode pertama yaitu menggunakan aplikasi penghapus cache atau file sampah. Namun jika aplikasi penghapus file sampah pada Android Anda tidak ada maka dengan cara manual.
     
  2. Cara yang kedua yaitu manual, masuk ke menu pengaturan kemudian pilih aplikasi cari Google Playstore dan hapus cachenya.


Stop Aplikasi & Delete
Jika dengan cara awal tidak terselesaikan coba dengan cara yang ini yaitu dengan cara memberhentikan aplikasi dan hapus pemasangan. Caranya masuk ke menu pengaturan >> kemudian pilih aplikasi dan cari aplikasi Google Play Store >> setelah menemukannya pilih paksa berhenti >> hapus data. Jika proses telah selesai kemudian download ulang aplikasi Google Play Store yang terbaru. Atau bisa juga dengan cara uninstall Google Play Store kemudian download Kembali aplikasinya.


Tingkatkan Versi Google Play Store
Apabila dua cara diatas belum menyelesaikan masalah pesan error sayangnya aplikasi telah berhenti, maka cobalah untuk mengupgrade versi Google play store yang ada pada smartphone anda. Karena biasanya penyebab aplikasi sering memunculkan pesan error adalah karena versi aplikasi Android telah usang.

Baca Juga :

Itulah beberapa trik sederhana yang bisa anda terapkan ketika mengalami pesan error yang terjadi pada smartphone Android dengan memunculkan pesan sayangnya Google Playstore telah berhenti. Jika ada sebagian truk yang masih belum mengerti anda bisa meninggalkan komentar di bawah melalui command disqus, jika artikel ini bermanfaat silahkan like fans page kami dan cara ke teman-teman. Terima kasih telah berkunjung salam blogger.


Silahkan Berkomentar

Disqus Comments