Penyebab & Cara Memperbaiki Messenger Telah Berhenti


Memperbaiki pesan error sayangnya Messenger telah berhenti - Facebook merupakan media sosial terlengkap fitur Chattingnya sudah dikembangkan menjadi aplikasi yang ada di playstore, ada dua jenis aplikasi messenger Facebook yang bisa kita gunakan itu versi beta dan versi Lite.

Kedua aplikasi tersebut memiliki persamaan yaitu akun Facebook akan terhubung dengan aplikasi messenger ini. Namun ada kurang lebihnya untuk kita gunakan pada perangkat Android. Jika anda yang menggunakan messenger Facebook yang versi beta fitur yang akan anda dapatkan adalah video call, namun jika Anda menggunakan yang versi lite video call pada messenger Facebook tidak dapat berfungsi. Keuntungan menggunakan Messenger Lite ringan dibandingkan Messenger dengan versi beta. Walaupun banyak kekurangan dibandingkan versi beta tapi cukup untuk anda yang memiliki smartphone Android dengan spesifikasi yang rendah.

Baca Juga :
Pernahkah anda mengalami pesan error yang terjadi pada Messenger dengan bertuliskan sayangnya Messenger telah berhenti ?

Beberapaa smartphone Android pasti pernah mengalami Kejadian ini karena pesan error seperti ini bisa terjadi di berbagai merk HP Android seperti Samsung Oppo Lenovo LG Xiaomi Advan dan berbagai merk lainnya, karena penyebab terjadinya pesan error sayangnya Messenger telah berhenti bukan merupakan kerusakan pada HPnya tapi kerusakan tersebut terjadi karena kesalahan sistem untuk mengoperasikan aplikasi messenger.


Artikel kali ini caraa.id akan menjelaskan beberapa penyebab terjadinya pesan error “Unfortunately Messenger Has Stopped” pada Messenger di antaranya adalah :

Penyimpanan tidak mencukupi
Messenger dengan versi beta memang sangat memakan banyak ruang penyimpanan, untuk aplikasinya sendiri bisa memakan penyimpanan hingga 50-an MB, apalagi ketika kita login, data pada aplikasi messenger bisa mencapai ratusan MB.


Banyak aplikasi berjalan
Messenger juga merupakan aplikasi yang harus terhubung dengan internet ketika ingin mengkaitkan chatting Facebook, ketika kita menjalankan aplikasi messenger perangkat smartphone akan bekerja lebih ekstra apalagi jika perangkat Smartphone yang kita gunakan memiliki spesifikasi yang rendah hal ini akan sangat berpengaruh kepada kinerja HP belum lagi jika banyaknya aplikasi yang berjalan. Tanpa disadari perangkat android pun menjadi lemot akhirnya memunculkan pesan error Sayangnya Messenger telah berhenti.


Data sampah menumpuk
Walaupun jarang menggunakan aplikasi messenger tapi ketahuilah setiap aplikasi pasti memiliki data sampah atau biasa disebut dengan cache. Semakin banyaknya cache pada aplikasi Android maka lambat laun aplikasi tersebut akan menjadi lemot sehingga akan muncul pesan pop up “Unfortunately Messenger Has Stopped”. Hal ini kerap terjadi bagi pengguna Android yang kurang memperhatikan data sampah yang ada pada setiap aplikasi.


Sinyal internet lemah
Ketika kita menjalankan aplikasi messenger Facebook tentunya koneksi internet sangat diperlukan karena tanpa internet kita tidak bisa chatting melalui Messenger. Namun ketika sinyal internet yang ada pada smartphone sedang melemah perangkat akan bekerja lebih ekstra untuk memaksimalkan aplikasi agar berjalan dengan sempurna, hal ini akan menyebabkan aplikasi menjadi lemot, suhu pada Android pun menjadi hangat, dan lambat laun aplikasi tertutup dengan sendirinya serta menimbulkan pesan error yang bertuliskan sayangnya Messenger telah berhenti.

Itulah beberapa penyebab terjadinya pesan error pada aplikasi messenger, untuk Anda yang pernah mengalami kejadian ini caraa.id memiliki tips untuk mengatasi kerusakan ada Messenger yang mengeluarkan tulisan sayangnya bahasa Inggrisnya berhenti. Berikut cara memperbaikinya :


Hapus file sampah
Untuk menghapus file sampah Anda bisa menggunakan cara manual yaitu dengan masuk ke menu Pengaturan >> Pilih aplikasi >> Cari aplikasi Messenger >> kemudian Clear Cache.
Selain menggunakan cara manual Anda juga bisa menggunakan aplikasi untuk membersihkan file sampah yang bisa anda download melalui Play Store.


Hapus file tidak penting di ruang penyimpanan
Jika pada perangkat memori internal maupun eksternal smartphone anda penuh sebaiknya hapus file yang tidak digunakan. Atau bisa menguploadnya ke Google Drive untuk file penting yang berukuran besar dan berjumlah banyak seperti foto, video, file PDF, dan lainnya. Semua ini bertujuan untuk memberi ruang pada perangkat memori aplikasi messenger bisa berjalan dengan sempurna. Sebab aplikasi messenger memiliki ukuran yang lumayan besar apalagi ketika anda sudah login ke akun Facebook.


Copot pemasangan aplikasi messenger dan Pasang ulang
Jika dari 2 trik diatas belum mengatasi masalah pesan error yang bertuliskan sayangnya Messenger telah berhenti, Coba lakukan Cara yang satu ini yaitu dengan cara copot aplikasi messenger dan Pasang ulang. Anda bisa melakukannya dengan cara manual melalui menu pengaturan >> pilih aplikasi >> paksa berhenti >> Copot pemasangan. Atau bisa juga menggunakan cara yang lebih gampang yaitu melalui aplikasi Play Store, kemudian cari Messenger dan Copot pemasangan. Setelah itu jangan lupa untuk Bersihkan file sampah. Setelah file sampah dibersihkan cobalah untuk mendownload ulang aplikasi messenger di playstore, menjalankan aplikasi messenger seperti biasanya.


Instal aplikasi Messenger versi Lite
Jika perangkat smartphone yang Anda gunakan memiliki spesifikasinya di bawah standar atau versi Android Anda Jelly Bean sebaiknya gunakan aplikasi Messenger versi Lite. Hal ini berguna untuk mengatasi kinerja perangkat smartphone yang terlalu berat, unduh aplikasinya sendiri bisa di download di Play Store. Secara keseluruhan aplikasi Messenger Lite ini sama dengan yang versi beta nya hanya saja pada fitur video call di aplikasi messenger Lite tidak berfungsi, Selain itu aplikasi Messenger Lite ini tergolong ringan dan dia juga dapat beroperasi di kondisi jaringan yang sedang lemah.

Baca juga :

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi aplikasi messenger telah berhenti, silahkan anda Praktekkan langsung jika anda pernah mengalami Messenger yang tiba-tiba tertutup dan memunculkan pesan error yang bertuliskan sayangnya aplikasi telah berhenti atau dalam bahasa Inggrisnya “Unfortunately Messenger Has Stopped” semoga artikel ini bermanfaat dengan lupa like fanspage kami dan share artikel ini kepada rekan yang sedang mengalaminya, Terima kasih telah berkunjung salam blogger… :)


Silahkan Berkomentar

Disqus Comments