Lailatul Qadar Cara Pelaksanaan Shalat & Penjelasannya Lengkap

Tata cara pelaksanaan sholat​ Lailatul Qadar - Shalat Lailatul qadar merupakan amalan ibadah yang dilakukan pada Bulan Ramadhan tepatnya di 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan, biasanya Lailatul Qadar sering dilaksanakan pada hari-hari ganjil namun ada juga yang berpendapat bahwa tidak hanya di hari ganjil saja tapi yang lebih diutamakan adalah kedatangan Lailatul Qadar yaitu di hari ganjil 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan seperti tanggal 21, 23, 25 27 dan 29.

 

keutamaan malam lailatul qodar
malam lailatul qodar

 

Pelaksanaan sholat Lailatul Qodar Sama halnya seperti sholat wajib 4 rokaat seperti dzuhur, Asar Dan isya. Namun pelaksanaannya berbeda pada sholat wajib 4 rokaat menggunakan tahiyat awal. Pada sholat sunat lailatul qadar dilaksanakan 4 rokaat namun tidak menggunakan tahyat awal. Niat dan cara pelaksanaan shalat sunat Lailatul Qadar di bulan suci Rhamadan :
  • Niat sholat sunat Lailatul Qadar yaitu usholli sunnatan Lailatul Qadar arba'a rakataini lillahi ta'ala Allahu Akbar (takbir)
  • Setelah takbir lalu membaca doa iftitah
  • Kemudian membaca surat Al Fatihah
  • Kemudian membaca surat pendek dalam hal ini tidak ditentukan surat pendeknya namun sebaiknya membaca surat At Takasur sebanyak 1 kali
  • Setelah itu, membaca surat al-ikhlas sebanyak 3 kali
  • Lakukan sampai rakaat kedua (tidak ada tahiyat awal)
  • Di rakaat ketiga dan keempat membaca surat Al Fatihah kemudian membaca surat pendek. Dalam hal ini tidak diwajibkan untuk membaca surat pendek tertentu sesuaikan dengan surat pendek yang anda hafal
  • Kemudian tahiyat akhir dan salam

Itulah tata cara pelaksanaan salat sunat lailatul qadar di bulan suci Ramadhan pada malam 10 hari terakhir, sebaiknya melakukan shalat sunat Lailatul Qadar rutin pada 10 hari terakhir di bulan suci Ramadhan. Namun jangan sampai meninggalkan di malam-malam ganjil seperti malam ke 21 23 25 27 dan 29.

Adapun ibadah-ibadah yang dapat dilakukan pada saat malam Lailatul Qadar seperti:


Walaupun ibadah shalat Lailatul Qadar merupakan Ibadah sunnah, namun ketahuilah bahwa lailatul qadar merupakan waktu yang tepat dan sangat baik untuk melaksanakan ibadah. Karena malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari 1000 Bulan. Maksudnya malam yang penuh pengampunan dan terkabulnya doa. Malaikat akan turun seperti banyaknya pasir di pantai dan Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan mengampuni seluruh dosa pada orang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar.

Alasan malam Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 Bulan



Mengapa Lailatul Qadar disebut malam baik dari 1000 Bulan, dan seperti apa keutamaan lailatul qadar ?
Beberapa rangkuman dari berbagai sumber dan referensi:
  • Malam yang lebih baik dari 1000 Bulan. Karena di zaman dahulu manusia bisa hidup sampai ribuan tahun, jadi dari segi waktu orang dahulu lebih banyak waktu untuk menjalankan ibadah dari pada umur manusia sekarang. Tapi itulah keadilan Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang tiada duanya, umat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Salam tidak mencapai umur hingga ribuan tahun. Namun oleh Allah subhanahu wa ta'ala diturunkan lah malam Lailatul Qadar untuk menggantikan umur / waktu tersebut dengan malam 1000 bulan (Lailatul Qadar) pada waktu tersebut Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengabulkan semua doa dan mengampuni segala dosa yang pernah dilakukan peserta melipat gandakan pahala dari segala jenis ibadah yang dapat dilakukan pada malam tersebut.
  • Malam Lailatul Qadar adalah malam turunnya al-quran Oleh karena itu lailatul qadar juga dianggap malam yang mulia karena Al Quran diturunkan Allah Subhanahu Wa Ta'Ala kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam secara terpisah sesuai dengan kejadian yang terjadi selama 23 tahun. Sebaiknya di malam Lailatul Qadar perbanyak membaca Alquran karena Para Malaikat akan mencatat setiap huruf yang kita baca dari Alquran akan berlipat lipat ganda pahalanya.
  • Akan menghapus dosa bagi orang yang menghidupkan malam Lailatul Qadar Nabi Muhammad Shallallahu alaihi sallam bersabda barangsiapa yang menghidupkan malam Lailatul Qadar karena hanya mengharapkan pahala dari Allah subhanahu wa ta'ala maka seluruh dosa yang telah diperbuatnya akan diampuni (HR. Bukhari no. 1901). Sebaiknya Perbanyaklah amal ibadah pada malam Lailatul Qadar karena hadits juga sudah menjelaskan bahwa Allah akan mengampuni segala dosa-dosa yang telah kita berbuat bila kita menghidupkan (ibadah) dimalam Lailatul Qadar.
  • Para malaikat turun banyaknya malaikat yang turun seperti pasir yang ada pada pantai termasuk Malaikat Jibril. malaikat jibril turun untuk menyampaikan kepada Allah permintaan Para umatnya yang menghidupkan malam Lailatul Qadar. Perbanyaklah berdoa pada malam ke-21 hingga terakhir bulan suci Ramadhan Siapa tahu kita yang mendapatkan malam Lailatul Qadar.
  • Disebut dalam Al Quran surat Al Qadr malam Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh dengan kesejahteraan hingga terbitnya Fajar dan malam tersebut merupakan malam yang lebih baik dari pada 1000 Bulan.

Penjelasan mengenai adanya malam Lailatul Qadar :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ ١

وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ ٢

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ ٣

تَنَزَّلُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ ٤

سَلامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ ٥


  1. Innaa anzalnaahu fii laylatil qadr 
  2. Wamaa adraaka maa laylatul qadr 
  3. Iaylatul qadri khairun min alfi syahr 
  4. Tanazzalul malaaikatu warruuhu fiihaa biidzni rabbihim min kulli amr 
  5. Salaamun hiya hattaa mathla'il fajr 

Artinya :
  1. Kemuliaan (Al-Qadr):1 - Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.
  2. Kemuliaan (Al-Qadr):2 - Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
  3. Kemuliaan (Al-Qadr):3 - Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
  4. Kemuliaan (Al-Qadr):4 - Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
  5. Kemuliaan (Al-Qadr):5 - Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar


Lailatul Qadar -Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إَيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ


Artinya :
“Barang siapa berdiri (shalat) pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”

Sangat di anjurkan untuk memperbanyak do’a pada malam tersebut. Telah diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah Radhiyallahu ‘anha, (dia) berkata : “Aku bertanya, “Ya Rasulullah ! Apa pendapatmu jika aku tahu kapan malam Lailatul Qadar (terjadi), apa yang harus aku ucapkan ?” Beliau menjawab, “Ucapkanlah :

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي


Artinya :
“Ya Allah Engkau Maha Pengampun dan mencintai orang yang meminta ampunan, maka ampunilah aku”


Bagaimana cara mendapatkan malam Lailatul Qadar ?

Rasulullah SAW bersabda.

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إَيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa berdiri (shalat) pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”


  • Seperti yang sudah dijelaskan di awal, malam Lailatul Qadar jatuh pada 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan namun yang diunggulkan yaitu adalah malam-malam ganjil di 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan. Untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar di bulan suci Ramadhan yaitu sebaiknya mengerjakan amal ibadah sebanyak-banyaknya pada saat malam Lailatul Qadar tiba yaitu 10 hari terakhir di bulan suci Ramadhan.
  • Allah Subhanahu Wa Ta'ala tidak memberitahukan secara jelas Kapan tepatnya lailatul qadar itu tiba, karena Allah ingin mengetahui siapa yang benar-benar mencari malam lailatul qadar tersebut. Allah Subhanahu Wa Ta'ala tidak memberi tahu secara rinci tentang hal ini. Namun Alangkah baiknya kita sebagai umat Islam yang ingin mendapatkan ampunan Dan dikabulkan doanya sebaiknya melaksanakan ibadah sebanyak-banyaknya pada malam tersebut karena secara spesifik tidak akan diketahui siapa yang akan mendapatkannya. Setidaknya kita berusaha untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar dan mendapatkan pahala karena telah menghidupkan malam Lailatul Qadar. 

Kapan waktu yang tepat untuk menjalankan shalat Lailatul Qadar : 

Hal ini berdasarkan sebuah hadits
تحروا ليلة القدر في الوتر من العشر الأواخر من رمضان

Artinya: Carilah Lailatul Qadar pada malam ganjil dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.
Untuk melaksanakan shalat lailatul qadar sebagian pendapat ada yang mengatakan Setelah sholat tarawih lalu beristirahat sebentar atau tidur Kemudian melakukan salat Lailatul Qadar seperti melakukan shalat malam lainnya Setelah itu diiringi dengan beritikaf atau menambah amalan lainnya seperti membaca al-quran dan dzikir.


Pendapat kedua yaitu melangsungkan sholat Lailatul Qodar setelah tarawih semampunya jika hanya mampu sampai tengah malam dini hari tidak masalah tapi malah sebaiknya sholat Isya berjamaah kemudian disambung dengan shalat tarawih setelah itu lanjut dengan menambah amal ibadah lainnya sepertinya zikir atau mendengarkan tausiah di kumpulan jamaah lailatul qadar lalu disambung dengan sholat Lailatul Qodar dan dan bahan ibadah lainnya atau beri'tikaf sampai dengan sholat subuh tiba dan akan lebih afdol jika sholat subuh berjamaah.


Adapun amalan atau ibadah yang bisa dilakukan pada malam lailatul qadar ialah :

Itulah tata cara untuk melaksanakan sholat malam-malam Lailatul Qadar dan memperbanyak amal ibadah di malam yang lebih baik dari 1000 Bulan. Semoga artikel ini dapat membangkitkan semangat kita untuk selalu menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan Mengisi berbagai amalan ibadah dan Semoga setiap orang yang menjalankan atau menghidupkan malam Lailatul Qadar senantiasa akan dikabulkan doanya dan diampuni dosanya oleh Allah subhanahu wa ta'ala Amin ya robbal alamin.
Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel