Penyebab & Cara Mengatasi Batrai HP Panas Dan Boros


Caraa.id - Penyebab dan cara mengatasi baterai smartphone panas dan boros.
Baterai Smartphone yang cepat panas merupakan hal yang tidak asing lagi bagi penggunanya. Tapi jika panasnya batrai smartphone berlebihan dan membuat baterai cepat habis (boros) maka masalah seperti ini harus di cegah secepatnya, Karena bila masalah tersebut terjadi terus menerus pada smartphone, lambat laun akan merusak perangkat smartphone kesayangan kita.

Baterai panas dan boros bisa terjadi pada smartphone apa saja seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, LG, Lenovo, dan merk lainnya karena masalah ini tidak memandang jenis HP yang paling mahal ataupun yang paling murah.

Beberapa penyebab terjadinya baterai smartphone panas dan boros adalah :

Penggunaan aplikasi yang berlebihan
Smartphone adalah alat yang sering digunakan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Biasanya saking sibuknya menjalani aktivitas. para pengguna smartphone tidak memikirkan berapa aplikasi yang sedang berjalan sehingga hal ini membuat baterai menjadi panas karena banyaknya aktivitas pada perangkat. Selain itu saking seringnya hal ini terjadi bisa membuat baterai Smartphone menjadi boros / cepat habis.


Sinyal yang internet lemah
Single internet merupakan bagian penting bagi smartphone Karena tanpa adanya singkat internet smartphone bagaikan makan nasi tanpa garam akan terasa hampa rasanya hampir semua aplikasi yang ada pada smartphone membutuhkan sinyal internet. Namun jika sinyal internet lemah hal ini akan berpengaruh sekali terhadap baterai karena daya yang ada pada baterai diharuskan bekerja lebih ekstra sehingga suhu baterai pun menjadi panas.


Game pada smartphone
Selain untuk menelpon, SMS, internetan, dan chat online. Smartphone juga biasanya digunakan untuk bermain game. Game smartphone dengan spesifikasi yang tinggi tentunya akan akan sangat memakan daya khususnya untuk game dengan visual yang tinggi. Bila smartphone yang digunakan tidak mencukupi kebutuhan untuk bermain game dengan spesifikasi tinggi, Maka secara otomatis smartphone anda akan bekerja lebih ekstra dan itu akan memakan daya yang ada pada baterai, sehingga baterai pun menjadi cepat lowbat dan suhu pada baterai pun akan menjadi panas.


Banyaknya aplikasi terpasang
Terkadang karena ketertarikan kita melihat iklan aplikasi smartphone dengan sadar kita mendownload aplikasi tersebut, padahal aplikasi tersebut ujung-ujungnya tidak dipakai. Hal tersebut dilakukan secara berulang-ulang dengan mendownload berbagai aplikasi yang tidak dipakai, tanpa disadari sebenarnya itu akan membuat kinerja pada smartphone menjadi lebih banyak. Jangan sepelekan terhadap aplikasi yang tidak digunakan berada pada smartphone kesayangan anda. Ada beberapa aplikasi yang tidak digunakan namun tetap berjalan. Contohnya aplikasi yang tidak dibuka namun ketika ada notifikasi aplikasi tersebut memunculkan notif yang keluar pada bagian atas smartphone anda.


Banyaknya file sampah pada smartphone
Smartphone Android yang memiliki banyak aplikasi tentunya akan berdampak pada file sampah yang menumpuk, jika file sampah yang ada pada smartphone anda tidak dibersihkan, secara otomatis hal ini akan berdampak pada kinerja HP. karena semakin banyaknya file sampah akan membuat HP anda menjadi lemot dan sistem akan bekerja lebih ekstra, Disamping itu daya yang dibutuhkan juga harus lebih, karena banyak daya nanti yang akan di gunakan, hal tersebut juga merupakan penyebab dari baterai panas dan boros.


Contrast pada smartphone terlalu tinggi
Jika cahaya pada layar smartphone Anda terlalu cerah atau terang, berarti settingan contrast pada display smartphone terlalu tinggi. Semakin terang cahaya layar smartphone anda maka akan semakin menguras daya pada baterai sehingga baterai akan panas dan boros.


Waktu layar mati terlalu lama
Jika anda merasa daya yang ada pada smartphone cepat habis dan suhu baterai panas. mungkin Hal ini disebabkan oleh waktu layar mati terlalu lama, untuk penggunaan smartphone yang baik biasanya menggunakan waktu mati pada layar maximal adalah 2 menit Jika lebih dari itu smartphone Anda akan terasa boros pada baterai dan suhu smartphone pun jadi panas.


Smartphone terlalu lama di saku / tas
Jika dalam perjalanan atau sedang melakukan aktivitas kebiasaan meletakkan handphone pada saku atau tas sering kita lakukan. Kebiasaan ini kerap dilakukan tanpa mengetahui penyebab yang akan kita dapatkan ketika hp terlalu lama berada dalam wadah yang kedap udara. Jika anda teliti, dari bentuk handphone yang anda miliki cobalah perhatikan dibeberapa bagian casing pasti akan menemukan lubang titik kecil pada ponsel yang anda miliki, jika anda menemukan lubang tersebut ketahuilah bahwa lubang tersebut dibuat dari pabrik dengan fungsi untuk mengeluarkan suhu panas pada perangkat ponsel anda. Bila ponsel Anda terlalu lama berada dalam saku atau tas yang kedap udara halbini akan membuat HP tidak bisa bernafas atau mengeluarkan suhu panas pada sela-sela lubang kecil yang ada pada ponsel sehingga ponsel menjadi panas dan baterai pun menjadi cepat habis.


Main game ketika smartphone dalam keadaan pengisian daya
Perlu Anda ketahui dari beberapa poin diatas. poin inilah yang sangat berbahaya mungkin pernah anda temukan di blog lain pasti akan menjelaskan tentang hal ini juga karena memang sudah terbukti hp yang digunakan bermain game saat pengisian daya berlangsung akan membuat dampak buruk pada smartphone yang anda miliki. Diantaranya baterai bisa bocor, smartphone anda akan panas, Kondisi baterai akan selalu Lemah atau tidak berkerja seperti biasanya, Dan beberapa faktor lainnya.

Itulah penyebab Mengapa baterai Smartphone anda menjadi boros dan cepat panas, dari beberapa penyebab terjadinya hal yang telah di sebutkan tadi. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya angkat smartphone menjadi panas dan dan batrai boros. Berikut ulasannya:

Baca juga :

Gunakanlah smartphone dengan semestinya
Jika anda memiliki smartphone dengan spesifikasi yang standar Janganlah sesekali Anda menjalankan aplikasi yang Tidak sepantasnya untuk spesifikasi smartphone yang anda punya. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya baterai cepat panas dan boros daya.


Jangan mengoperasikan smartphone ketika di charge
Agar baterai awet, tidak cepat boros dan smartphone dalam keadaan suhu yang wajar sebaiknya jangan mengoperasikan smartphone ketika saat pengisian daya berlangsung. Selain dapat merusak baterai ponsel kesayangan anda juga terancam kesehatannya.


Jalan mengecas HP saat daya habis total
Ketika smartphone yang anda miliki mengeluarkan notif baterai habis segeralah untuk mengisi dayanya, jangan sampai baterai terlalu habis bahkan sampai mati karena jika hal ini terus-terusan dilakukan dapat mengakibatkan kerusakan pada baterai. Hal yang akan terjadi awal-awalnya adalah ponsel Anda terlalu panas dan baterai boros.


Mengganti baterai smartphone
Bila timbul kerusakan baterai boros pada smartphone tapi masih dalam keadaan bergaransi segerakanlah untuk membawanya ke service center terdekat sesuai dengan merk HP yang anda miliki. Biasanya baterai akan diganti dengan yang baru, namun harus ada keterangan bahwa kartu garansi masih berlaku karena bila masa garansi sudah habis maka batrai tidak bisa di ganti.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika mengalami masalah terkait baterai Smartphone panas dan boros. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan jangan lupa Jika ada salah satu wine di atas kurang lengkap silakan komen melalui diskusi di bawah. Suporter kami dengan like fanspage dan bagikan artikel ini kepada teman-teman kamu yang sedang membutuhkan informasi ini Terima kasih telah berkunjung salam blogger… :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel