Penyebab Dan Cara Memperbaiki Sayangnya Launcher Telah berhenti


Cara mengatasi sayangnya launcher telah berhenti - Launcher (peluncuran) adalah sistem yang ada di Android memiliki fungsi tampilan antar muka pengguna (user interface). Bisa diibaratkan Launcher merupakan tema yang harus diterapkan di Android agar memudahkan perangkat dioperasikan oleh pengguna.

Jika pada perangkat android anda pernah mengalami kerusakan pada launcher secara otomatis Android akan mengeluarkan pesan error yang bertuliskan sayangnya Launcher telah berhenti, akibat yang ditimbulkan pada kerusakan launcher adalah, sistem pada perangkat Android menjadi tidak stabil, sering muncul pesan pop up, perangkat menjadi lemot dan beberapa efek lainnya. Sehingga membuat pengguna sangat terganggu. Semua itu terjadi karena Launcher sangat berpengaruh penting pada perangkat android.

Terjadinya error pada sistem perangkat android ditampilan juga merupakan kerusakan sistem aplikasi launcher, beberapa merek smartphone android telah merancang aplikasi launcher tersendiri sesuai merek hpnya, contohnya pada merek Lenovo mereka memiliki aplikasi launcher untuk perangkat yang di keluarkannya semua itu di sesuaikan dengan hardware yang ada di hp tersebut. Tidak hanya Lenovo merek lainnya seperti OPPO, Samsung, LG, Xiaomi, Hisense, Huawei dan beberapa merek lainnya juga membuat launcher yang di sesuaikan dengan perangkat keras hpnya.




Namun terkadang masalah pada launcher masih juga timbul. Setelah di cari ternyata permasalahan error sayangnya launcher telah berhenti disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya :

Terserang Virus
Pada saat browsing biasanya ada beberapa iklan di sebuah situs yang memicu kita untuk mendownload software, foto, video, dan file lainnya. Tanpa disadari sebenarnya itu adalah virus yang masuk pada perangkat Android anda. Lama-kelamaan virus yang ada di storage akan merusak sistem yang ada di Android, Hal ini merupakan penyebab terjadinya kerusakan pada sistem Launcher.

Banyaknya file sampah yang ada di perangkat
File sampah atau cache bisa kita temukan di setiap aplikasi yang terpasang di Android semakin banyaknya sampah yang menumpuk maka akan membuat perangkat Android menjadi lemot sehingga lama kelamaan akan menjalar ke sistem Launcher. Biasanya file cache banyak ditemukan pada aplikasi browser seperti Chrome, UC Browser, Opera, dan beberapa aplikasi browser lainnya.

Banyaknya aplikasi yang terpasang di android
Aplikasi terpasang di Android sebaiknya diunduh yang penting saja, karena jika memasang banyak aplikasi yang tidak terpakai di perangkat hp android menyebabkan penyimpanan menjadi penuh, hal ini akan berdampak kepada kinerja smartphone bekerja lebih ekstra, belum lagi jika perangkat yang Anda gunakan memiliki spesifikasi dibawah standar, ini akan berdampak kepada kerusakan sistem Android salah satunya Launcher.


Koneksi internet lemah
Ketika membuka aplikasi yang berhubungan dengan internet tentunya aplikasi tersebut memerlukan koneksi yang cukup agar aplikasi berjalan dengan sempurna, namun ketika perangkat Android anda memiliki sinyal koneksi internet yang lemah hal ini sangat berdampak pada kerusakan sistem operasi. Contohnya Ketika anda membuka aplikasi chatting jika koneksi internet lancar pastinya aplikasi berjalan dengan baik namun jika koneksi internet hilang timbul aplikasi pun akan berhenti secara tiba-tiba.



Setelah mengetahui penyebab terjadinya force close Launcher atau munculnya pesan error yang bertuliskan sayangnya launcher telah berhenti pada perangkat Android, sekarang caraa.id akan membahas Bagaimana cara mengatasi timbulnya masalah Launcher telah berhenti berikut ulasannya:

Hapus virus Menggunakan antivirus
Ketika smartphone Anda terjangkit virus yang beredar di berbagai situs Salah satu cara untuk membasminya adalah menggunakan antivirus yang bisa Download di Play Store.
  • Setelah anda mendownload antivirus.
  • Cobalah untuk memindai beberapa file yang terjangkit virus. 
  • Telusuri semua history pada Browser atau cari folder browser anda, mencari folder tempat dimana penyimpanan download, Hapus semua aplikasi yang mencurigakan adanya virus.
Cara ini berfungsi untuk menghapus virus yang ada pada perangkat Android. Dengan cara ini mudah-mudahan pesan error Launcher telah berhenti bisa teratasi.


Hapus file sampah / cache
Coba periksa semua aplikasi secara manual melalui :
  • Menu pengaturan
  • Pilih pengaturan aplikasi (Apk)
  • Pilih aplikasi yang sekiranya banyak file sampah.
  • Kemudian tap clear cache.
Sesuaikan dengan merk perangkat smartphone Android Anda, menghapus file cache berfungsi untuk meringankan tumpukan file yang ada pada penyimpanan SD card maupun penyimpanan ponsel. Selain menggunakan cara manual Anda juga bisa menggunakan aplikasi penghapus cache yang bisa anda Download di Play Store.


Copot aplikasi yang tidak digunakan
Jika pada perangkat smartphone android anda terdapat banyak aplikasi yang tidak digunakan, ada baiknya untuk menghapus beberapa aplikasi tersebut, Selain untuk mengurangi beban penyimpanan, ini juga berfungsi untuk kesehatan perangkat smartphone anda, karena memang ada beberapa aplikasi yang tidak support dengan launcher yang anda gunakan.


Ganti Launcher android anda dengan google now launcher
Beberapa Launcher bawaan dari perangkat smartphone Android terkadang ada yang tidak berjalan dengan baik, hal ini bisa terjadi pada semua merk smartphone seperti: Lenovo, Samsung, LG, Oppo, Huawei, Xiaomi, Mizu, dan masih banyak merek android lainnya yang menggunakan Launcher bawaan dari pabrik.
  • Untuk menanggulangi permasalahan sayangnya Launcher telah berhenti Anda bisa menggunakan Google NowLauncher atau bisa menggunakan aplikasi Launcher lainnya. 
  • Aplikasi Launcher bisa anda Unduh di playstore, di situ banyak aplikasi Launcher yang bisa anda download namun ada beberapa aplikasi Launcher yang tidak support pada perangkat smartphone. 
  • Jadi untuk mencari jalan tengahnya Anda bisa menggunakan Launcher Google. Karena Google  Now Launcher sangat fleksibel, bisa digunakan di merek smartphone apapun.


Bawa ke service center
Jika smartphone anda masih memiliki garansi aktif, Ada baiknya untuk membawa ke service center dengan membawa kartu garansi yang masih berlaku, biasanya di service center anda hanya menyebutkan keluhan apa yang terjadi pada pernapasan perut anda, setelah itu tim teknisi akan mencoba memeriksa HP Android yang anda miliki.


Hard reset / Kembali ke pengaturan pabrik
Jika dari poin-poin di atas belum bisa mengatasi pesan error sayangnya Launcher telah berhenti, maka cobalah dengan cara yang ini, dijamin semua kerusakan sistem operasi yang terjadi di hp android anda akan terselesaikan, berikut caranya :
  • Simpan semua data penting yang ada di memory card dan diberi ponsel. Anda bisa menyimpannya ke laptop atau PC atau bisa menguploadnya ke Google Drive. Selain itu jangan lupa simpan semua kontak yang ada di memori ponsel ke dalam SIM card. Karena proses ini akan membuat data yang ada pada perangkat smartphone anda hilang.
  • Setelah semua data terselamatkan kemudian masuk ke menu pengaturan, kemudian gulir terus ke bawah, dan temukan menu Buat cadangan dan setel ulang >> gulir sampai ke bawah dan pilih Kembalikan ke setelan pabrik.
  • Tunggu proses selesai, biasanya memerlukan waktu 5 hingga 10 menit.
  • Setelah selesai ikuti segala prosedur layaknya seperti perangkat android yang baru dibeli.


Hard reset melalui root
Jika pesan error sayangnya Launcher telah berhenti menjalar hingga membuat ponsel Anda tidak bisa dioperasikan macet total, maka cara memperbaikinya dengan cara root. Berikut caranya:
  • Selamatkan lebih dahulu data penting yang ada di ponsel Anda. Cabut memory card untuk memindahkan data penting gak bisa ke laptop.
  • Usahakan ponsel Android dalam keadaan baterai penuh.
  • Matikan perangkat Android (matikan daya).
  • Setelah dalam keadaan mati kemudian tekan tombol power dan tombol volume down (-) secara serentak sampai muncul gambar robot android yang sedang diperbaiki.
  • Kemudian Anda akan disuguhi beberapa menu pilihan.
  • Pilih Factory Reset atau Reboot System
  • Sesuaikan dengan perangkat smartphone Android yang anda miliki.
  • Tunggu beberapa saat system reboot akan bekerja.
  • Setelah proses selesai. HP smartphone Anda seperti baru lagi karena belum ada data ataupun aplikasi tambahan, Tugas anda hanya mengisi beberapa formulir yang disesuaikan dengan perangkat android.

Demikianlah artikel tentang penyebab dan cara memperbaiki sayangnya Launcher telah berhenti, jika ada point yang kurang jelas silahkan tanyakan melalui kotak Disqus di bawah atau anda bisa menanyakan langsung melalui fanspage kami.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan share kepada teman-teman atau saudara yang membutuhkan informasi tentang cara memperbaiki Launcher telah berhenti. Terima kasih telah berkunjung salam blogger… :)


Silahkan Berkomentar

Disqus Comments