Penyebab dan cara memperbaiki sayangnya setelan telah berhenti


7 Cara mengatasi sayangnya setelan telah berhenti - penyakit Android kerap terjadi adalah masalah pesan error yang timbul setelah tertutupnya aplikasi secara tiba-tiba. Muncul pesan error yang bertuliskan sayangnya setelan telah berhenti adalah penyakit yang sering timbul di hp android, faktor mengapa HP Android muncul sayangnya setelan telah berhenti ? ini terjadi karena ada beberapa setingan pada pengaturan yang tidak sesuai atau kesalahan sistem dalam membaca settingan.

Baca juga: Penyebab sayangnya telah berhenti lainnya

Terjadinya pesan error setelan telah berhenti bisa terjadi di semua merk Android seperti Samsung, Lenovo, Andromax, Oppo, Xiaomi, LG Sony Asus HTC dan masih banyak merek Android lainnya.

Selain kesalahan sistem operasi saat membaca setelan, timbulnya pesan error sayangnya setelan telah berhenti juga disebabkan oleh beberapa penyebab diantaranya ialah :
  • Virus terdapat pada sistem
  • Cache bertumpuk
  • Ruang penyimpanan penuh
  • Ada bekas yang mengganggu sistem
  • Banyak aplikasi tidak digunakan terinstal
  • Operation system belum di-update.
Biasanya terjadinya kerusakan pada sistem hingga kerap sering memunculkan pesan error adalah Android dengan versi Jelly Bean,  Namun bukan berarti pada OS diatas Jelly Bean tidak bisa terjangkit penyakit error. Semua versi android pasti bisa memunculkan pesan error jika ada kesalahan pada sistemnya. Tapi hal ini tidak perlu ditakuti karena kerusakan hanya pada perangkat lunak jadi masih tergolong mudah untuk di atasi. Berikut cara mengatasi keluhan android "sayangnya setelan telah belah berhenti" :

1. Cobalah hapus file sampah / cache. Anda bisa menggunakan cara manual ataupun menggunakan aplikasi penghapus file sampah yang bisa didownload di playstore.


2. Paksa berhenti aplikasi pengaturan melalui menu Pengaturan kemudian Apk (Aplikasi yang dijalankan) Tap Berhenti dan cobalah restart ulang.


3. Install aplikasi antivirus pada smartphone Android Anda, kemudian cobalah untuk men-scan seluruh penyimpanan yang ada di Android. Ini berfungsi untuk mendeteksi adanya virus di perangkat Android Anda.


4. Cobalah sortir kembali beberapa aplikasi yang ada di Smartphone android anda karena ada beberapa aplikasi yang membuat sistem tidak bekerja dengan baik. Selain itu hapus aplikasi yang tidak dipakai guna mengurangi ruang penyimpanan yang mulai penuh.

5. Jika Anda menggunakan Launcher hasil dari download di playstore, mungkin launcher tersebut merupakan salah satu penyebabnya, karena memang ada beberapa Launcher yang tidak support di sistem operasi Android khususnya Android yang telah memiliki Launcher bawaan pabrik.


6. Jika masih belum juga teratasi cobalah menggunakan cara Kembalikan ke pengaturan pabrik caranya:
  • Masuk ke menu pengaturan 
  • Kemudian pilih buat cadangan setel ulang 
  • Lalu gulir terus ke bawah kemudian tap Kembalikan ke setelan pabrik. 
  • Sebaiknya sebelum melakukan hal ini pindahkan terlebih dahulu data-data penting yang ada di smartphone Android karena proses ini akan menghapus seluruh data yang ada di ponsel Anda.

7. Jika dari beberapa poin diatas masih belum juga teratasi kesalahan pada sistem yang menampilkan pesan error sayangnya setelan telah berhenti, cobalah menggunakan cara hard reset. Caranya:
  • Matikan terlebih dahulu perangkat ponsel Anda.
  • Kemudian tekan tombol volume kurang (-) dan Power secara serentak hingga muncul beberapa menu gunakanlah tombol volume up untuk memilih perintah.
  • Pada perintah tersebut pilih wipe data atau factory reset.
  • Kemudian tekan tombol Power untuk oke. 
  • Tunggu beberapa menit proses recovery data selesai. 
  • Kemudian isi data berupa bahasa email, bahasa dan lainnya layaknya smartphone yang baru pertama kali untuk diaktifkan.

Demikianlah artikel tentang penyebab dan cara memperbaiki Android error yang memunculkan pesan sayangnya setelan telah berhenti, kalau ada poin di atas yang kurang jelas silahkan komen melalui kotak discus dibawah.

Baca juga :


Jangan lupa like fans page kami dan share artikel ini kepada teman atau saudara yang mengalami kerusakan Android sayangnya setelan telah berhenti. Semoga artikel ini bermanfaat Terima kasih telah berkunjung salam blogger...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel