Penyebab Dan Cara Mengatasi Batrai HP Lama Terisi Saat di Cas


Tips dan cara mencharger smartphone agar cepat penuh

Caraa.id - Saat tengah asyik menggunakan Smartphone untuk aktivitas penting, tiba-tiba suara dan notifikasi layar baterai lowbet muncul (menandakan hp anda butuh di cas agar bisa beroperasi dengan baik) Kejadian ini pasti sangat menyebalkan apalagi jika ada orang penting yang ingin menghubungi anda seperti client, boss, pacar, dan lainnya.

Sering Kejadian beberapa orang mencharger HPnya pasti tidak sabar ingin cepat penuh. Berbagai cara dilakukan agar HP bisa cepat penuh saat di charger diantaranya ialah:
  • Menggunakan cas yang lebih cepat ngisi batrai tanpa mempertimbangkan efek samping timbul.
  • Pakai kabel data yang lain untuk mengecas.
  • Mengganti kepala adaptor charge.
  • Mencabut baterai dan menggunakan charge kodok.
  • Dan masih banyak hal lainnya yang dilakukan ketika kepepet kondisi baterai lowbet.


Sebenarnya poin di atas sangatlah tidak disarankan karena akan ada efek samping yang timbul pada perangkat smartphone diantaranya adalah charger, baterai, dan pada ponselnya. Nah untuk menghindari terjadinya hal seperti poin di atas, caraa.id punya tips Bagaimana cara mencharger smartphone agar cepat penuh tanpa memiliki efek samping bagi kesehatan ponsel Anda, berikut ulasannya :

Gunakan charger bawaan ponsel
Saat mencharger smartphone sebaiknya menggunakan charger bawaan smartphone tersebut, karena jika menggunakan charger lainnya daya masuk dan daya keluar tidak sesuai dengan ketentuan baterai dan ponsel, meskipun merk pada smartphone anda sama.

Sering terjadi di sekeliling kita saat mengisi daya pada smartphone lambat kita sering mengganti kepala adaptor charge, Sebenarnya Hal ini sangat tidak sarankan karena jika pengisian daya pada smartphone tidak sesuai maka bisa merusak baterai, nah jika baterai sudah melemah atau tidak bekerja dengan baik, penyakitnya akan merambat ke perangkat ponsel anda. Biasanya penyebab yang akan timbul adalah HP menjadi lemot dan cepat panas hal ini juga bisa merambat ke system operasi menjadi error.

Tidak hanya kepala adaptor charger saja, terkadang kabel data untuk charger juga mempengaruhi kerusakan pada baterai, ukuran kabel yang seharusnya sesuai malah diganti menggunakan ukuran kabel data yang lebih besar.

Kebanyakan pengguna smartphone berasumsi bahwa ukuran kabel yang lebih besar akan ber efek pada kecepatan pengisian daya smartphone, tapi sebenarnya hal itu kurang tepat. Sebaiknya gunakanlah kabel data dan kepala adaptor charger bawaan ponsel tersebut, tapi jika cas bawaan sudah tidak ada lagi boleh menggunakan charger yang bukan bawaan ponsel asalkan pengeluaran dan pemasukan arus persis seperti ukuran cas bawaan ponsel tersebut. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerusakan pada perangkat ponsel saat mengisi daya.



Nonaktifkan koneksi internet
Jika smartphone anda dalam kondisi paket data aktif hal ini sangat berpengaruh pada baterai, sebab bila paket data aktif seluruh aplikasi yang berjalan menggunakan koneksi internet secara otomatis akan ikut bekerja juga Contohnya seperti aplikasi media sosial, game online, dan beberapa aplikasi yang bekerja menggunakan internet.

Untuk mengisi daya (men cas hp) supaya cepat penuh sebaiknya untuk sementara paket data di nonaktifkan, selain mencegah agar Smartphone tidak panas, Hal ini juga bertujuan agar pengisian daya berjalan lebih maksimal tanpa gangguan pengeluaran daya yang disebabkan oleh paket data yang aktif. 

Baca Juga : Penyebab batrai hp boros dan panaas



Tutup aplikasi yang sedang aktif
Aplikasi yang aktif juga merupakan penghambat pengisian daya pada smartphone, untuk memaksimalkan pengisian daya agar lebih cepat penuh sebaiknya Tutup aplikasi yang sedang berjalan karena jika banyak aplikasi yang berjalan Tentunya smartphone pun akan selalu bekerja dan akan membutuhkan daya untuk menjalankan sebuah aplikasi. Hal ini pasti akan memberatkan pengisian daya yang di sebabkan oleh berjalannya aplikasi pada smartphone.



Matikan ponselAgar pengisian daya ponsel
cepat penuh mematikan ponsel saat mencharger merupakan hal yang sangat disarankan, sebab ketika ponsel dalam kondisi mati atau tidak aktif maka seluruh kinerja yang membutuhkan daya akan distop dan ponsel akan fokus pada satu pekerjaan yaitu mengisi daya. Hal ini sangat disarankan untuk Anda yang ingin baterai pada ponsel cepat penuh ketika di charger.

Baca Juga :

Demikianlah beberapa tips dan cara agar pengisian daya pada ponsel cepat penuh, jangan lupa like fanspage dan share artikel ini jika bermanfaat. Dan apabila ada tambahan poin atau sesuatu yang ingin ditanyakan terkait dengan artikel tersebut silahkan berkomentar melalui komentar disqus di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung salam blogger ☺


Silahkan Berkomentar

Disqus Comments