7 Jenis Makanan yang Membuat Anda Kenyang Lebih Lama


Mengurangi berat badan dan mempertahankan tubuh anda tetap ideal tidak hanya terfokus pada kalori yang masuk dan keluar saja, tetapi juga harus didukung dengan asupan makanan yang bernutrisi dan mampu mengenyangkan lebih lama. Dengan begitu, anda bisa terhindar dari ngidam makanan atau food cravings dan menghilangkan rasa lapar ketika anda tengah melakukan diet.


    Beberapa makanan yang harus anda cari adalah jenis santapan dengan kandungan serat dan protein yang tinggi, sehingga makanan-makanan tersebut cenderung lebih lama untuk dicerna dan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, makanan-makanan bernutrisi juga mampu memberikan manfaat kesehatan terhadap tubuh anda dimulai dari kesehatan jantung, meningkatkan energi, mendukung kesehatan otak, dan lain sebagainya.

    Penasaran dengan jenis makanan-makanan tersebut? dan berikut adalah 7 makanan yang mampu mencegah food craving atau bahkan mengatasi perasaan lapar.


    Makanan yang membuat kenyang tahan lama

    Telur
    Telur merupakan makanan yang kaya akan protein berkualitas tinggi. Makanan ini mengandung asam amino esensial dan sangatlah mengenyangkan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Saint Louis University di Amerika Serikat memperlihatkan bahwa dengan memakan telur saat sarapan mampu meningkatkan perasaan kenyang dan membuat anda cenderung mengurangi asupan kalori selama 26 jam ke depan.


    Oat
    Oat dikemas dengan serat dan cukup rendah akan kalori. Makanan ini memiliki kemampuan dalam menyerap air karena termasuk ke dalam jenis serat larut yang disebut sebagai beta-glucan, sehingga membuat siapa saja yang memakannya merasa kenyang lebih lama. Mungkin karena inilah banyak orang menyarankan makanan ini digunakan sebagai sarapan karena bisa memberikan anda energi lebih banyak hingga waktu makan siang tiba. Beberapa penelitian bahkan memperlihatkan bahwa oat mampu melepaskan hormon perasaan kenyang dan menunda rasa lapar datang lebih cepat.


    Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan termasuk kacang polong dan lentil dipenuhi dengan serat dan protein nabati. Makanan ini juga memiliki kepadatan energi yang rendah, yang artinya mampu membuat anda memiliki porsi makan yang memuaskan tetapi masih tetap rendah akan kalori. Sebuah lembaga bernama National Institute of Nutrition menyarankan anda untuk mengkonsumsinya 1 cangkir setiap kali anda makan siang dan makan malam sebagai bagian dari pola makan yang seimbang.


    Keju Cottage
    Berbeda dengan kebanyakan keju, jenis cottage sangatlah rendah akan lemak dan karbohidrat, tetapi tinggi akan protein yang membuat anda merasa kenyang lebih lama. Bahkan keju cottage telah banyak dimasukkan ke dalam daftar makanan penurun berat badan. Dengan meningkatkan asupan protein, maka akan membantu melestarikan otot anda sekaligus menghilangkan lemak di tubuh, mengingat otot cenderung membakar lebih banyak kalori dan membantu mengatur metabolisme anda.


    Quinoa
    Biji gandum yang berasal dari Amerika Selatan ini kini sudah semakin banyak digunakan dan terkenal di Indonesia karena mengandung cukup protein yang memadai. Protein yang terkandung dalam quinoa akan dicerna secara lambat dan kemudian akan melepaskan energi selama periode waktu tertentu sehingga akan membuat anda terhindar dari keinginan untuk mengemil.


    Kentang Rebus
    Tidak semua jenis karbohidrat itu buruk untuk anda. Sebut saja kentang yang telah termasuk ke dalam jenis karbohidrat baik dalam bentuk pati resisten (resistant starch) yang akan membuat anda merasa kenyang lebi lama. Kentang rebus juga sangatlah berenergi dan mengandung enzim inhibitor yang dapat mengurangi nafsu makan anda.


    Ikan
    Mengkonsumsi ikan bisa membuat anda tambah pintar! Ditambah lagi makanan ini memiliki nilai satiety index (penentu tingkat kekenyangan makanan) yang lebih tinggi daripada daging ayam dan telur. Selain itu, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang dibutuhkan oleh tubuh anda, dimana hanya bisa didapatkan dari asupan makanan.


    Demikianlah artikel tentang makanan yang membuat kenyang tahan lebih lama, makanan ini sangat bagus untuk anda yang ingin memulai program diet dengan cara aman dan tanpa efek samping. Jangan lupa dukung kami terus dengan cara like fanspage dan bagikan artikel ini di medsos yang anda miliki. Terimakasih telah berkunjung... ☺

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel