Smartphone Lemot? Ini Penyebab dan Solusinya!

Mencegah smartphone agar tidak lemot

Caraa.idSebagian besar masyarakat saat ini menggunakan smartphone dan penggunanya berasal dari berbagai macam kalangan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan dan diakses dengan bantuan smartphone. Sehingga, tak heran jikaa masyarakat sangat tertarik untuk mengikuti perkembangan dari smartphone. Ada banyak sekali fungsi smartphone antara lain, untuk browsing, bersosial media, kalkulator, media belajar, media membaca berita dan masih banyak lagi. Akan tetapi, ada saja kekurangan smartphone seperti smartphone lemot. Smartphone bisa saja tak beroperasi selancar pada saat baru dibeli (lemot), hal ini terjadi karena lama penggunaan smartphone mempengaruhi kinerja RAM yang dapat merunning fitur yang ada pada smartphone. Smartphone yang lemot pasti sangat menganggu aktivitas yang sedang dilakukan. Oleh karena itu ada beberapa hal yang dapat dicoba agar smartphone tidak lemot, simak beberapa solusi dibawah ini:


Smartphone Lemot? Ini solusinya!

1. Download Aplikasi Pembersih RAM
Solusi smartphone lemot yang pertama adalah mendownload aplikasi pembersih RAM. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membersihkan RAM pada smartphone. Aplikasi ini termasuk aplikasi yang wajib dimiliki setiap smartphone agar pada saat merunning aplikasi atau fitur lainnya untuk menghindari smartphone lemot.


2. Non-Aktifkan Internet Connection Apabila Tidak Digunakan
Ada beberapa aplikasi pada smartphone yang terhubung secara langsung dengan koneksi internet. Contohnya adalah aplikasi media sosial yang sangat terkenal dikalangan masyarakat luas. Terkadang masyarakat yang lupa mematikan koneksi internet yang tidak digunakan sehingga membuat smartphone harus merunning aplikasi yang terhubung tersebut. Aplikasi yang terhubung secara langsung dengan koneksi internet akan running secara otomatis apabila terdapat notifikasi. Hal ini menyebabkan bertambahnya beban pada RAM di smartphone. Apabila RAM bekerja maksimal, maka smartphone akan mulai melambat. Sehingga sangat diasarankan untuk menonaktifkan koneksi internet pada saat smartphone tidak digunakan agar smartphone tidak lemot.


3. Kurangi Penggunaan Widget dan Live Wallpaper
Solusi smartphone lemot yang selanjutnya adalah mengurangi widget dan live wallpaper. Penggunaan widget dan live wallpaper memang diminati orang. Hal ini karena widget dan live wallpaper dapat menambah daya tarik pada smartphone yang digunakan. Sayangnya, widget dan live wallpaper memberikan beban pada RAM smartphone. Hal ini dapat menyebabkan smartphone menjadi lemot. Sehingga sebaiknya mengurangi penggunaan widget yang tidak terpakai serta mengganti penggunaan live wallpaper pada smartphone dengan wallpaper berupa gambar atau foto yang dapat diunduh berupa jpg atau png agar smartphone tidak lemot.


4. Mengatur Kapasitas Penyimpanan
Smartphone pada umumnya memilki 2 jenis penyimpanan antara lain penyimpanan internal dan eksternal. Penyimpanan external berupa SD Card sedangkan penyimpanan insternal merupakan penyimpanan yang tersedia pada smartphone. Banyaknya data atau fitur yang tersimpan di internal smartphone juga mempengaruhi kinerja RAM pada smartphone yang dapat menyebabkan smartphone lemot. Maka sebaiknya dilakukan pengaturan penyimpanan fitur dan data pada smartphone. Fitur dan data yang dapat dipindahkan ke SD Card, dan beberapa aplikasi juga dapat dipindahkan agar smartphone tidak lemot.


5. Mengurangi Sinkronasi Otomasi Pada Smartphone
Tidak sedikit masyarakat yang menggunakan aplikasi dari google pada smartphonenya. Pada aplikasi tersebut terdapat upaya sinkronasi dan auto backup data yang dapat menyebabkan RAM pada smartphone bekerja jadi lebih berat dan lemot. Hal ini bisa dicegah dengan meamatikan sinkornasi otomatis pada smartphone. Sehingga smartphone dapat merunning aplikasi dengan baik.


Itulah beberapa solusi smartphone lemot yang bisa segera dicoba sekarang juga. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami.


Silahkan Berkomentar

Disqus Comments