Smartphone Kena Air? Jangan Panik Ini Solusinya!

Bagaimana mengatasi smartphoen kemasukan air ?

Caraa.idKetergantungan terhadap smartphone membuat banyak orang seringkali tidak dapat lepas darinya. Bahkan dengan senang hati akan membawa smartphone pergi kapan saja dan ke mana saja. Sayangnya kebiasaan ini tak jarang membuat seseorang menjadi ceroboh sehingga bisa saja smartphone yang sedang dalam genggaman tiba-tiba terjatuh di jalan atau bahkan masuk ke dalam kubangan air. Jika sudah begitu, bukan tidak mungkin jika si pemilik smartphone akan kebingungan melihat smartphone yang dimiliki kena air.

Air memang menjadi musuh utama bagi perangkat elektronik termasuk smartphone. Setiap pengguna perangkat smartphone harus selalu berhati-hati ketika smartphone sudah bersinggungan dengan air, baik kehujanan, terpercik air, atau tidak sengaja terjatuh ke area berair. Jangan panik jika smartphone kena air karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan smartphone agar kembali kering dan bisa digunakan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan saat smartphone kena air:


Smartphone Kena Air? Jangan Panik Ini Solusinya!

1. Langsung Matikan
Solusi smartphone kena air yang pertama adalah mengambil dan mematikan smartphone yang terjatuh dalam air. Saat smartphone jatuh ke dalam sebuah genangan air atau kolam, segera ambil agar smartphone tidak terendam terlalu lama di dalam air. Langsung matikan jika smartphone masih dalam kondisi menyala. Jangan biarkan smartphone menyala dengan kondisi basah karena hal ini dapat membuat korslet yang dapat memperparah kerusakan smartphone.


2. Lepas Semua Komponen
Setelah smartphone benar-benar mati, lepas semua komponen pada smartphone yang kena air. Lepas semua komponen mulai dari baterai, simcard, dan memory cardnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan yang lebih parah akibat air dapat menyebar ke komponen-komponen yang lain. Selain itu, melepas komponen juga dilakukan untuk menghindari korosi logam yang dapat disebabkan oleh air yang mengenai smartphone.


3. Keringkan Dengan Handuk
Solusi smartphone kena air yang selanjutnya adalah mengeringkan smartphone dengan handuk yang kering. Handuk akan menjadi pertolongan pertama untuk mengeringkat bagian luar perangkat smartphone yang kena air. Tiup pada bagian slot micro USB, lubang headset, loudspeaker, tombol dan bagian lain yang memungkinkan air terperangkap di dalamnya. Lakukan dengan hati-hati dan perlahan agar air tidak semakin terperangkap ke dalam pada saat membersihkan smartphone. Dengan mengeringkan dengan handuk, setidaknya resiko smartphone rusak bisa diminimalisir agar air tidak semakin masuk ke dalam smartphone.


4. Simpan di Butiran Silika Gel atau Beras
Kalau handuk digunakan untuk mengeringkam bagian luar smartphone yang kena air, maka cara ampuh untuk menyerap air selanjutnya adalah dengan menggunakan silika gel atau beras. Silika gel dapat dibeli dari toko-toko khusus. Apabila tidak mau kerepotan mencari silica gel, beras bisa menjadi alternatif lain. Beras digunakan karena memiliki daya serap yang bagus terhadap air dan kelembabab yang ada dalam smartphone.


5. Charge Penuh Kemudian Nyalakan Kembali
Solusi smartphone kena air yang terakhir adalah mengisi daya atau charge sampai penuh. Pengeringan menggunakan silica gel atau beras membutuhkan waktu sedikitnya 24 jam. Jangan terburu-buru untuk menyalakan kembali smartphone yang kena air. Tunggu sampai benar-benar kering. Pasang kembali semua komponen perangkat smartphone yang dilepas. Setelah itu isi daya baterai sampai penuh terlebih dahulu. Jika sudah, coba nyalakan kembali.

Itulah solusi smartphone kena air yang dapat dilakukan jika kamu mengalami hal tersebut. Semoga informasi yang disampaikan bisa bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!



Silahkan Berkomentar

Disqus Comments