Tips Agar Smartphonemu Tidak Mudah Panas

Inilah penyebab dan cara atasi smartphone cepat panas

Caraa.idSmartphone saat ini sudah seperti bagian yang tidak terpisahkan oleh kehidupan masyarakat. Pasalnya, saat ini semakin banyak hal yang bisa dilakukan hanya dengan satu perangkat saja. Namun hal tersebut bisa membuat kinerja ponsel menjadi berat dan cepat panas. Jika kamu termasuk tipe yang tidak bisa lepas dari smartphone dan nyaris menggunakannya secara terus-menerus, pastinya kamu sering mengalami masalah yang membuat jengkel sekaligus takut smartphone rusak. Ya, smartphone yang sering atau cepat panas pastinya sangat mengganggu aktivitas dan pekerjaan.

Salah satu faktor yang membuat ponsel cepat panas adalah terlalu memaksa kinerja pada ponsel contohnya aplikasi yang di jalankan membutuhkan tingkat grafik yang tinggi seperti game, sementara hp yang kamu miliki tingkat grafiknya setandar hal ini tentunya akan membuat ponsel bekerja lebih exstra sehingga membutuhkan daya baterai cukup. Tanpa di sadari daya pun berkurang dan baterai mencoba untuk memaksimalkan pengeluran energi, lama kelamaan suhu pada baterai pun memanas dan membuat ponsel menjai ikut panas.

Jika dibiarkan, gejala tersebut lama-lama bisa membuat smartphone menjadi rusak. Berikut adalah tips agar smartphonemu tidak mudah panas.


Tips Agar Smartphonemu Tidak Mudah Panas

1. Matikan Aplikasi Berjalan
Smartphone yang telah digunakan akan tetap merunning aplikasi yang tidak ditutup secara langsung. Hal ini biasanya terjadi jika pengguna mengeluarkan aplikasi hanya dengan menekan tombol back (kembali) hingga ke layar utama smartphone. Hal ini dapat menyebabkan smartphone menjadi panas. Tutup aplikasi dengan benar agar smartphone tidak mudah panas.


2. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar 
Kecerahan layar sangat membantu pada saat menggunakan smartphone di tempat tertentu. Tapi tingkat kecerahan layar yang cukup tinggi dapat menyebabkan baterai smartphone bekerja cukup berat. Hal ini terjadi karena baterai banyak digunakan untuk menampilkan cahaya pada layar smartphone. Sehingga baterai smartphone mudah panas. Sebaiknya kurangi tingkat kecerahan smartphone jika sedang tidak terpakai agar smartphonemu tidak mudah panas.


3. Jangan charge smartphone semalaman 
Tips agar smartphonemu tidak mudah panas yang selanjutnya adalah tidak charge smartphone semalaman. Mencharger smartphone semalaman dapat menyebabkan baterai smartphone menjadi panas. Hal ini karena pada saat melakukan charge semalaman baterai smartphone mengalami kondisi panas yang berlebihan. Penyebab utamanya adalah space daya pada baterai sudah penuh dan daya tetap teraliri pada baterai, maka daya tersebut akan keluar menjadi hawa panas.
Baca: Penyebab baterai hp boros


4. Gunakan Aplikasi Pendingin Smartphone 
Ada banyak aplikasi yang ditawarkan agar dapat membuat smartphone beroperasi dengan optimal. Salah satu aplikasi yang wajib dimiliki setiap pengguna smartphone adalah aplikasi cooling (pendingin). Biasanya aplikasi ini akan berjalan dengan menutup aplikasi yang berlebihan, mengatur kecerahan layar yang menyebabkan baterai smartphone panas. Oleh karena itu sebaiknya memasang aplikasi pendingin agar smartphonemu tidak mudah panas.


5. Jangan simpan smartphone berdekatan dengan alat elektronik lainnya 
Hal yang biasanya kurang diperhatikan oleh pengguna smartphone adalah tempat penyimpanan smartphone saat tidak digunakan. Kebiasaan ini bisa menjadi penyebab baterai smartphone mudah panas karena ada beberapa tempat yang akan membuat baterai smartphone menjadi panas apabila diletakkan di sana. Hal yang dapat dihindari adalah menyimpan smartphone dekat dengan alat elektronik lainnya. Seperti meletakkan smartphone di atas kulkas, televisi, dan mesin cuci yang tengah digunakan. Penyebab utamanya adalah reaksi panas yang terjadi akibat dua elektronik yang bekerja secara bersamaan. Oleh karena itu jangan meletakkan smartphone di dekat alat elektronik lainnya karena dapat membuat baterai smartphone manjadi mudah panas.

Demikian tips dan trik yang bisa kamu coba agar baterai smartphonemu tidak mudah panas. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba.



Silahkan Berkomentar

Disqus Comments