4 Tanaman Herbal yang Ampuh Mengatasi Gejala Menopause


Tumbuhan untuk mencegah gejala menopause - Menopause telah menjadi salah satu bagian dari kehidupan kaum wanita. Fenomena ini sangatlah wajar terjadi dan menandai akhir masa reproduksi anda. Tepat setelah anda berhenti mengalami datang bulan, maka akan terdapat beberapa perubahan besar terhadap tubuh anda, baik fisik luar maupun dalam.

Bahkan menurut sebuah penelitian, terlihat sekitar 80% wanita menopause mengalami rasa panas dan keringat di malam hari, dimana telah menjadi salah satu gejala dari periode tersebut. Selain itu, terdapat pula beberapa gejala-gejala lainnya yang mungkin membuat anda merasa tidak nyaman. Maka dari itu, salah satu solusinya adalah mengurangi gejala tersebut datang kepada anda dengan menggunakan beberapa tanaman herbal yang bisa anda temukan dengan mudah di Indonesia.

Penurunan alami pada hormon reproduksi ketika seorang wanita mencapai usia 40-an atau 50-an. gejala yang di timbulkan ialah semburan panas dan kekeringan pada inti kewanitaan, Berikut tanaman yang mungkin sering anda temui yang bisa mengatasi menopause :

1. Ginseng
Ginseng telah dikenal sebagai salah satu tanaman herbal dengan kandungan manfaat yang luar biasa, termasuk untuk mengatasi gejala menopause anda. Tanaman obat ini mampu menenangkan tekanan dan menopang vitalitas saat menopause mengganggu tidur anda yang berkualitas. Pada dasarnya, tanaman ginseng digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang dan membantunya mencapai pikiran yang damai.

Dengan begitu, ginseng juga mampu memperbaiki suasana hati anda dengan meningkatkan neurotransmitter serta membantu anda menjalani pola hidup yang sehat. Untuk mengatasi masalah tidur anda, maka bisa menggunakan dosis antara 750 mg hingga 2 gram per harinya. Tetapi bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi dilarang untuk menggunakan tanaman herbal yang satu ini.


2. Cohosh Hitam
Diantara tanaman herbal untuk wanita menopause, cohosh hitam juga mampu menenangkan gejala menopause anda dengan cara yang sangat alami. Bahkan tidak hanya gejala menopause saja, tanaman herbal ini juga mampu mengatasi rasa sakit akibat menstruasi dan setelah melahirkan. Cohosh hitam bekerja dengan cara mengatasi rasa panas sekaligus mengurangi rasa cemas dan depresi. Pastikan anda untuk mengkonsumsinya sekitar 80 mg setiap satu atau dua hari sekali. Pastikan untuk tidak overdosis karena bisa mengakibatkan anda mual, konstipasi, masalah berat badan, dan berbagai macam efek samping lainnya.


3. Kedelai
Ketika berbicara tentang menghilangkan ketidaknyamanan akibat gejala menopause, anda juga bisa menggunakan ekstrak kedelai. Kacang ini kaya akan isoflavon yang bertugas memasok estrogen ke tubuh anda sehingga mampu mengobati kelelahan dan daya ingat yang buruk.


4. Daun Sage
Tanaman yang satu ini mampu mengurangi frekuensi datangnya rasa panas akibat menopause (hot flashes). Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Women Health Across the Nation (SWAN) mengatakan bahwa terdapat 64% wanita mengalami hot flashes ketika memasuki periode menopause.

Tetapi dengan mengkonsumsi daun sage sebanyak 500 mg mampu membantu mengurangi gejala menopause yang kurang mengenakkan tersebut. Terdapat berbagai macam suplemen makanan yang terbuat dari daun sage, sehingga akan sangat mudah bagi anda untuk menemukannya. Selain itu, daun sage juga mengandung minyak esensial yang sangat baik dalam meningkatkan daya ingat anda.

Ketika anda mulai memasuki tahap menopause, maka anda akan mengalami berbagai macam perubahan gaya hidup. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter jika tanaman herbal yang telah disebutkan di atas sama sekali tidak bekerja, atau gejala yang anda derita terlihat lebih parah daripada kebanyakan wanita menopause lainnya. Pastikan juga anda untuk menghindari kafein ketika gejala menopause anda mulai terlihat. Keempat tanaman herbal di atas pun akan sangat ampuh jika dibarengi dengan yoga dan meditasi secara teratur.


Silahkan Berkomentar

Disqus Comments