5 Cara Ampuh Untuk Mengaktifkan Anti-Penuaan Alami Anda


Cara mengatasi penuaan dini pada kulit - Suka atau tidak, setiap orang yang hidup di dunia ini pasti akan berubah menjadi tua seiring dengan berjalannya usia. Tetapi, perlu diingat bahwa terdapat pula beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melawan penuaan tersebut. Meskipun fisik anda dapat berubah dari waktu ke waktu, tetapi gaya hidup yang sehat akan membuat anda terasa lebih muda dari biasanya.

Sebut saja “mitokondria” yang bertanggung jawab atas lebih dari 90% energi seluler dimana bertindak sebagai organel yang memberi kekuatan terhadap setiap sel di dalam tubuh anda serta membantu menopang tubuh dan mendukung pertumbuhan. Faktanya, terdapat lebih banyak mitokondria dibandingkan sel atau bakteri di dalam tubuh setiap orang. Tentu saja, mitokondria mampu mengatur perasaan anda dari waktu ke waktu dan menjadi fondasi tubuh dan mental anda agar tetap kuat.

Jika anda membuat mitokondria tersebut menjadi lebih kuat, maka dampaknya akan membuat tubuh anda merasa lebih berenergi serta memberikan potensi hidup lebih lama dan tetap sehat. Sebaliknya, jika mitokondria anda menurun, maka anda akan cenderung merasa lelah, lesu, sulit berpikir, dan bahkan mengalami penuaan dini. Parahnya, kegagalan mitokondria bisa memicu kematian sel dan bisa merambat ke kegagalan organ lainnya.

Tetapi untungnya, anda bisa memanipulasi mitokondria agar tubuh anda memiliki anti-penuaan secara alami. Hal ini karena mitokondria cenderung sangat sensitif terhadap kebiasaan dan lingkungan tempat anda tinggal.


Pola Makan yang Bersih
Dr. Terry Wahls telah melakukan penelitian mengenai efek pola makan terhadap mitokondria. Dia menemukan bahwa terdapat perubahan yang cukup besar pada tingkat subseluler dan bahkan mampu mengobati multiple sclerosis.

Beberapa yang direkomendasikan olehnya antara lain mengkonsumsi vitamin B, mengkonsumsi makanan yang kaya akan sulfur, dan antioksidan yang mampu membantu mitokondria tetap berkembang. Lebih lengkapnya, inilah beberapa makanan yang perlu anda dapatkan:
  1. ✓ 3 cangkir sayuran hijau per hari.
  2. ✓ 3 cangkir sayuran kaya akan sulfur per hari (kubis, brokoli, kembang kol, bawang merah, lobak, kale, bawang putih, dll).
  3. ✓ Protein setiap hari (ikan yang mengandung asam lemak omega-3, atau daging sapi pemakan rumput).
  4. ✓ Organ (seperti hati, jantung, lidah, dll).
  5. ✓ Rumput laut seminggu sekali.
    Pola makan ini telah dibuktikan sendiri oleh Dr. Terry Wahls dan telah memberikannya berbagai macam manfaat kesehatan, terutama dalam melawan penuaan.


    Latihan Intensitas Tinggi
    Menggerakkan tubuh sangatlah menyehatkan karena mampu meningkatkan fungsi mitokondria hingga fungsi otak. Sebuah penelitian menemukan bahwa Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT = High Intensity Interval Training) merupakan salah satu metode paling baik dalam menguatkan mitokondria. Hanya 2 kali dalam seminggu saja sudah meningkatkan fungsi mitokondria secara signifikan di area otot rangka tubuh anda.


    Dapatkan Tidur Cukup yang Berkualitas
    Kita semua sudah tahu bahwa tidur yang cukup dan berkualitas dapat memberikan keajaiban terhadap kesehatan tubuh anda. Jika berbicara mengenai mitokondria, tentu pola tidur yang baik pun dapat mendukungnya dengan cara mengeluarkan limbah seluler dari otak. Tetapi jika mitokondria tidak mampu melakukan tugas ini dengan baik, maka anda akan mengalami sebuah kondisi yang disebut dengan disfungsi mitokondria.


    Hindari Cahaya yang Tidak Alami
    Cahaya alami bisa menjadi nutrisi penting dan memainkan peran kunci terhadap mitokondria anda untuk melakukan berbagai hal. Contohnya adalah ketika mitokondria membangunkan anda saat matahari terbit dan memberitahu tubuh anda untuk segera beristirahat ketika matahari terbenam. Tetapi berbeda dengan cahaya yang tidak alami dimana bisa mengganggu proses tersebut sehingga anda berpotensi mengalami insomnia dan kualitas tidur yang buruk.


    Hindari Polutan Kimia
    Bahan kimia dan polutan dapat merusak mitokondria anda. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa mitokondria sangatlah sensitif terhadap keadaan lingkungan sehingga harus menjaga tubuh anda dari berbagai macam polutan yang dapat merusak mitokondria tersebut.

    Ketika anda mulai mampu mengendalikan anti-penuaan mitokondria tersebut, maka salah satu area yang pertama terkena dampak positif adalah otak, mata dan jantung sehingga anda akan merasa lebih berenergi dari biasanya dan terhindari dari penuaan dini.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel