8 Pengobatan Alami Diare Sederhana Dirumah


Bagaimana saya mengobati diare? ini adalah pertanyaan banyak orang, dan mungkin termasuk Anda saat ini. Untuk itu artikel ini akan membantu Anda untuk mengobati diare dengan cara sederhana dan bisa dilakukan dirumah.

Banyak orang berpikir diare disebabkan oleh makanan yang tidak sehat. Padahal setiap orang bisa terkena diare setidaknya satu atau dua kali dalam hidupnya. Diare biasanya disertai mual, muntah atau kram perut.

Situasi ini membuat kira merasa tidak nyaman dan memikiki banyak masalah, tapi jika Anda sehat, maka tidak memiliki masalah dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Namun, diare bisa menjadi kronis dan serius yang dapat mempengaruhi kesehatan kita. Jika tidak segera diobati, penyakit ini bisa menjadi ancaman bagi kesehatan kita. Diare terdiri dari dua jenis yaitu diare akut dan kronis. Diare akut menyebabkan orang sering buang air besar dalam beberapa hari lebih dari biasanya. Sedangkan diare kronis adalah sering buang air besar, muntah mual, demam dan kram perut.

Berikut ini adalah cara mengobati diare yang efektif yang bisa Anda lakukan dirumah dengan cara yang mudah dan sederhana.

1. Tambahkan air ke tubuh
Anda tidak hanya akan kehilangan air tapi juga elektrolit, mineral seperti potasium dan sodium karena Diare. Mineral ini sangat penting bagi fungsi tubuh. Karena itu, Anda perlu mengimbangi tubuh dengan cara minum banyak air.

Minum 8 gelas air putih sehari adalah cara peling efektif untuk mencegah dehidrasi saat diare. Meskipun air yang disaring normal tidak memiliki elekrolit, namun tetap merupakan cara yang tepat untuk mengatasi diare. Alternatif lain untuk mengobati diare lebih cepat adalah dengan minum teh dengan sedikit gula, jus buah seperti apel.


2. Yogurt
Yogurt adalah pilihan yang tepat untuk penderita diare karena yogurt menghasilkan asam laktat di usus. Asam laktat akan menghancurkan bakteri jahat yang membantu Anda sembuh lebih cepat.

Kita tahu bahwa antibiotik yang berkepanjangan dapat menyebabkan diare dengan membunuh bakteri baik di usus tapi makan yogurt akan menghasilkan bakteri yang lebih bermanfaat di usus Anda. Untuk mencegah diare, Anda harus mengonsumsi yogurt sebelum minum obat.


3. Istirahat
Bila diare, tidak ada yang lebih baik dari cukup istirahat untuk menyembuhkan diare dengan cepat dan efektif. Jika tubuh Anda rileks, maka diare juga akan berkurang secara signifikan.

Karena itu, untuk mengobati diare, Anda harus beristirahat beberapa hari. Cobalah beristirahat di tempat tidur dengan nyaman dan letakkan handuk atau botol air hangat di perut Anda untuk meringankan kram perut.


4. Jauhi makanan tertentu
Bila Anda menderita diare, Anda harus menjauhi makanan tertentu yang membuat Anda merasa lebih buruk seperti keju, susu dan produk susu lainnya. Jika Anda minum susu, usus Anda akan kurang aktif. Selain itu, Anda perlu menghindari kopi karena sistem saraf rentan terhadap iritasi.

Mengkonsumsi produk gula menyebabkan gejala diare memburuk. Karena itu, minum jus apel dan jus plum tanpa tambahan gula dianggap pilihan cerdas bagi penderita diare.


5. Teh krisan
Salah satu pengobatan diare alami dan efektif yang tidak boleh Anda lewatkan adalah teh krisan karena sangat baik untuk mengobati peradangan usus. Selain itu, teh krisan juga memiliki khasiat anti-spasmik. Anda bisa membeli teh yang dikemas dan duduk santai sambil minum secangkir teh krisan setiap hari.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa merendam teh dengan daun mint dalam air mendidih selama 15 menit. Minum tiga cangkir teh krisan akan membantu diare secara signifikan mengurangi diare. Dikatakan bahwa tanin dalam teh krisan memiliki efek anti-diare yang baik.


6. Makanan
Makanan karbohidrat dianggap sebagai makanan yang sempurna untuk mengobati diare karena akan meringankan perut Anda. Makanan tersebut meliputi biji-bijian, singkong atau nasi. Penting untuk memastikan bahwa Anda tidak menambahkan terlalu banyak gula atau garam pada makanan ini karena dapat memperburuk masalah dan membuat diare sulit diobati.

Bila Anda menderita diare, jauhkan dari oatmeal karena saluran pencernaan Anda sulit dikonsumsi dengan jumlah besar nutrisi yang dikandungnya. Kentang juga merupakan makanan bertepung yang membantu meringankan sakit perut dan menambah nutrisi yang dibutuhkan Anda kehilangan. Namun, mengonsumsi keripik kentang goreng akan membuat diare lebih parah dan menyebabkan sakit perut.

Sayuran seperti wortel membantu Anda mencerna dengan mudah dan mengobati sakit perut dengan cepat. Selain itu, mereka semua kaya nutrisi. Beras yang dimasak seperti nasi putih atau bubur putih merupakan pilihan cerdas bagi mereka yang ingin sembuh dari diare.


7. Blueberry
Bluberi dianggap sebagai obat untuk banyak penyakit. Tidak mengherankan jika blueberry bisa menyembuhkan diare secara efektif di rumah. Blueberry mengandung anthocyanosides, yang memiliki khasiat antimikroba dan antioksidan yang membantu mencegah diare.


8. Teh Kulit Jeruk
Teh kulit jeruk merupakan obat cepat untuk diare. Masukkan teh kulit jeruk ke dalam panci dan tuangkan sedikit air panas. Biarkan dingin selama beberapa menit sebelum menikmati teh lezat ini.


Itulah tadi 8 tips bagaimana mengobati diare di rumah secara alami. Mudah-mudahan Anda akan menemukan tip dan penyembuhan yang berguna dengan cepat dan efektif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel