Beberapa nutrisi membantu anak tumbuh lebih tinggi


Memiliki anak dengan tubuh yang tinggi memang menjadi harapan setiap orang tua, faktor keturunan menjadi patokan utama orang tua untuk melihat seberapa tinggi badan anaknya kelak, namun perkiraan tersebut tidaklah benar, karena banyak juga orang tua yang memiliki tubuh kurang tinggi memiliki anak yang tinggi badannya melebihi orang tuanya.

Masa emas 1000 hari dan usia 10-18 tahun adalah dua periode keemasan yang membantu anak tumbuh setinggi mungkin. Intervensi diet pada tahap ini sangat efektif dan menentukan tinggi badan sebagai orang dewasa.

1000 hari emas adalah waktu dari kehamilan Anda dan berlangsung sampai anak Anda berusia 2 tahun. Berinvestasi untuk nutrisi bayi selama periode ini (1000 hari kehidupan) adalah investasi terbaik untuk perkembangan bayi Anda.

Banyak penelitian di dunia telah membuktikan bahwa: selama 1000 hari emas ini, anak-anak yang memiliki gizi baik akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik dan meningkatkan potensi fisik dan intelektual mereka di masa depan. Nutrisi yang tepat akan mengurangi risiko kematian sebesar 5% pada anak di bawah usia 5 tahun, anak-anak akan memiliki kecerdasan lebih tinggi, belajar lebih baik dan berpenghasilan lebih tinggi saat mereka dewasa.


Sebaliknya, dalam 1000 hari pertama kehidupan anak yang tidak dirawat dengan benar, mereka kehilangan perkembangan fisik dan intelektual secara maksimal. Jika anak tersebut kerdil sejak usia dini, tingkat pertumbuhannya akan rendah. Jika seorang anak tumbuh dengan baik seperti anak kecil, dia akan menjadi orang dewasa yang besar. Status gizi 1000 hari pertama kehidupan bergantung pada setiap tahap kehamilan: 270 hari hamil, menyusui dan makanan tambahan (365 hari - tahun pertama) dan Diet anak-anak dari 1 sampai 2 tahun (365 hari - membesarkan anak di tahun kedua).

Masa kehamilan ibu
Selama kehamilan ibu perlu menambah berat badan dari 10 sampai 12kg, untuk melahirkan bayi dengan berat sekitar 3000 gram. Berat badan ibu dan berat badan lahir bergantung pada makanan ibunya. Jika diet memiliki tingkat energi rendah, berat lahir rendah akan memiliki risiko kelahiran di bawah 2500 g (malnutrisi janin).

Penambahan berat badan tergantung pada makanan ibu, persalinan, istirahat dan status gizi sebelum hamil. Kebutuhan makanan sehari-hari untuk wanita (tidak hamil) adalah 2050 Kkal, pada trimester pertama 50 kilogram (2050 + 50), di tengah trimester 250 KKal, dalam 3 bulan terakhir. 450 KKal dan saat memberi makan 500 KKal / hari.

Wanita hamil, wanita usia subur, remaja putri harus mengkonsumsi zat besi atau asam folat atau multivitamin untuk mencegah anemia defisiensi besi. Untuk wanita hamil yang tidak mengonsumsi suplemen zat besi / folat (60 mg zat besi, 2800 mcg asam folat), 1 tablet / minggu (pada hari tertentu) selama 3 bulan, istirahat 3 bulan. Terus minum suplemen 3 bulan. Mengambil suplemen zat besi / folic acid dapat mengulangi siklus tahun ini.

Untuk ibu hamil yang mengonsumsi suplemen zat besi / folat (60 miligram zat besi dan 400 miligram asam folat), dosis 1 tablet setiap hari dari awal kehamilan sampai satu bulan setelah melahirkan.


Menyusui dan diet komplementer
Saat bayi lahir, ibu perlu memberi makan bayi di awal jam pertama. Pemberian ASI dini memiliki efek mengurangi susu dengan cepat, memperbaiki rahim dan susu kolostrum adalah susu yang sangat baik bagi bayi karena susu memiliki nilai gizi tinggi, yang befungsi sebagai antibodi terhadap penyakit dan mudah dicerna oleh bayi. Sebaiknya Anda menyusui sepenuhnya selama 6 bulan pertama dan menyusui selama 18-24 bulan.

Dari 7 bulan pertama, berikan ASI untuk makanan tambahan, jumlah makanan per hari tergantung pada usia bulan: 6 bulan, makan makanan bubuk encer, 7-9 bulan untuk makan 2-3 kali makan. 10-12 bulan, makan 3 sampai 4 kali makan kental. Anak-anak 1-2 tahun selain menyusui perlu makan 4 kali makan sehari. Minum 400-500 ml susu per hari (jika tidak ada ASI).

Bayi yang sehat, tumbuh normal saat kenyang, akan bertambah berat setiap bulannya. Bobot bayi dengan istilah sehat, memili berat 3000 gram (3kg); 3 bulan pertama pertumbuhan anak yang cepat bertambah berat 1000-1200g / bulan; Berikut 3 bulan kenaikan berat badan dari 500 - 600g / bulan; 6 bulan berikutnya hanya kenaikan berat badan dari 300-400g / bulan, ketika anak berusia 1 tahun memiliki berat 3 kali lebih banyak saat lahir (sekitar 9-10 kg). Anak-anak berusia antara 2-10 tahun mengalami kenaikan berat badan rata-rata 2,4 kg per tahun dan bisa dihitung sesuai rumus berikut:

Xn = 9,5 kg + 2,4 kg x (N-1)
  1. Xn adalah berat badan anak-anak saat ini (kg)
  2. 9,5 adalah berat anak pada usia 1 tahun
  3. 2,4 adalah kenaikan berat badan rata-rata dalam setahun
  4. N adalah usia anak (dalam tahun)

Panjang rata-rata bayi baru lahir sekitar 50 cm, 3 bulan pertama anak 3-4,5 cm / bulan, 3 bulan berikutnya adalah 2-2,5 cm / bulan, 3 bulan berikutnya adalah 2cm / bulan. Bulan berikutnya meningkat 1-1,5 cm.

Ketika anak berusia 1 tahun 1,5 kali lebih lama saat lahir (75 cm), anak berusia 2 tahun tingginya 86-87 cm (setengah tinggi orang dewasa), anak berusia 3 tahun 95-96 cm, anak-anak dengan tinggi badan 4 sampai 10 tahun rata-rata 6,2 cm / tahun dan bisa menerapkan rumus berikut:

Xc = 95,5 cm + 6,2 cm x (N-3)
  1. Xc adalah tinggi anak (cm)
  2. 95,5 adalah tinggi anak pada usia 3 tahun
  3. 6.2 adalah kenaikan rata-rata tinggi dalam setahun
  4. N adalah usia anak (dalam tahun)


Juvenile (10-18 tahun): Juvenile adalah masa transisi
Kelanjutan pembangunan sejak kecil hingga orang dewasa: "Usia tidak lagi kekanak-kanakan, tapi juga bukan orang dewasa." Agar memiliki tinggi badan dan gizi yang baik sebagai orang dewasa, dan memiliki kesehatan prenatal yang baik, intervensi nutrisi dini membantu anak-anak mengembangkan tinggi optimal. Regulasi gizi untuk remaja sangat penting, karena tingkat pertumbuhan cepat dan tinggi badan pada usia subur ini.

Bobot rata-rata tahap ini meningkat dari 3-5 kg ​​/ tahun, tingginya bisa meningkat dari 10-15 cm / tahun dan anak laki-laki berkembang lebih banyak daripada anak perempuan. Karena itu, kebutuhan gizi anak sangat tinggi untuk perkembangan dan aktivitas. Kebutuhan nutrisi untuk usia ini, pertama-tama energi, tergantung pada jenis kelamin dan usia. Tapi beberapa anak perempuan makan lebih sedikit untuk menjaga bentuk tubuh mereka yang membatasi perkembangan.


Energi
kebutuhan energi dari 1.900-2.300 kcal / hari / betina dan 2.100-2.800 kkal / hari / hari. Untuk memenuhi kebutuhan, anak butuh tiga kali sehari, makan cukup dan cukup nutrisi.


Protein
Protein sangat penting untuk pertumbuhan tinggi dan berat badan, karena protein membantu membangun struktur sel, membangun hormon (hormon) dan merespons kekebalan tubuh.

Kebutuhan protein harian adalah 50-70 g / laki-laki dan 50-60 g / perempuan, rasio protein / protein hewani adalah ≥ 35%, energi dari persediaan protein 13-20% Bagian

Sumber protein hewani untuk makanan dari daging, ikan, telur, ikan, udang, kepiting. Sumber protein nabati dari kacang, wijen, kacang tanah.


Lemak
Lemak adalah sumber energi yang membantu melarutkan dan menyerap vitamin yang larut dalam lemak: vitamin A, E, D, K. Permintaan untuk lipid berkisar antara 60-78 g / hari / laki-laki dan 55- 66 g / hari / perempuan, keseimbangan antara lipid hewani dan lipida tanaman adalah 70% dan 30%. Energi yang diberikan oleh lipid dalam makanan sekitar 20-30%.


Besi
Kebutuhan besi sehari-hari dipenuhi melalui diet tinggi zat besi dan besi dengan nilai biologis tinggi. Namun, di Vietnam, akses terhadap pakan ternak dengan makanan fermentasi biologis tinggi dari jatah sangat rendah. Jadi, pada tahap awal remaja, terutama anak perempuan perlu mengkonsumsi zat besi atau mikronutrien setiap minggu.

Remaja laki-laki membutuhkan besi 11-17 mg / hari, anak perempuan membutuhkan 11-29 mg / hari. Makanan kaya akan zat besi yang berasal dari hewan seperti daging sapi, susu sapi, telur ayam, telur bebek, hati babi, hati ayam, dll.


Vitamin A
Diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan normal, meningkatkan imunitas, mengurangi timbulnya infeksi dan kematian. Vitamin A ditemukan pada makanan hewani seperti hati, telur, susu . Makanan tanaman menyediakan sumber karoten seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan buah-buahan kuning. Asupan vitamin A harian untuk remaja adalah 800 μg / hari / pria dan 650 μg / hari / wanita.


Kalsium
Sangat penting untuk pubertas karena laju pertumbuhan tinggi sangat cepat. Permintaan kalsium tinggi, sehingga kebutuhan kalsiumnya adalah 1000 mg / hari. Kalsium bersama dengan fosfor untuk mempertahankan dan membentuk kerangka, gigi kencang.

Permintaan vitamin D remaja adalah 15 μg / hari. Susu merupakan sumber protein dan kalsium, dengan anak-anak tidak minum atau minum susu, bisa menggunakan produk susu seperti yogurt, keju atau makanan yang kaya kalsium seperti udang, kepiting, ikan dan seafood.


Seng
Seng sangat penting untuk pertumbuhan berat dan tinggi badan. Defisiensi seng, metabolisme sel rasa yang terkena, anoreksia akibat gangguan rasa. Kebutuhan seng harian adalah 9-10 mg / hari dan 7-8 mg / hari. Makanan seng adalah udang, belut, tiram, tiram, hati, susu, daging sapi, kuning telur, ikan, kedelai, biji minyak (kacang almond, kacang mete, kacang tanah).


Vitamin C
Vitamin C membantu menyerap dan menggunakan zat besi, kalsium dan folat. Selain itu, ia juga memiliki fungsi anti alergi, meningkatkan kekebalan tubuh, merangsang sekresi empedu, melindungi pembuluh darah. Vitamin C banyak ditemukan pada buah dan sayuran. Kebutuhan vitamin untuk remaja adalah 95 mg / hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel