Cara Membuat Hidup Bahagia dan Terhindar Dari Stres


Tips hidup bahagia terhindar dari stres - Tuntutan zaman membuat anda menjadi sosok orang yang sangat sibuk sehingga anda menjadi lebih banyak bekerja daripada bersantai dengan keluarga. Keadaan ini tentu akan berimbas pada perasaan tertekan, meningkatnya rasa cemas akan sesuatu, jarang bersosialisasi, hingga stres dan depresi.

Padahal, sama halnya seperti tubuh secara fisik, jiwa dan pikiranpun sebenarnya sangat membutuhkan latihan agar tetap tahan mental menjalani aktivitas fisik yang teramat sibuk dan penuh dengan tekanan. Latihan-latihan ini dilakukan agar anda tetap terhindar dari stres dan merasa lebih bahagia bahkan ketika anda berada di tempat kerja sekalipun.

Hal dan aktifitas yang membuat hidup bahagia terhindar dari stres :


Pertama-tama, cobalah untuk melakukan meditasi

Jika anda belum pernah bermeditasi sebelumnya, cobalah sesekali anda melakukannya dan lihatlah dampak yang bisa anda dapatkan setelahnya, terlebih jika anda melakukannya setiap hari secara teratur.

Meditasi telah terbukti dapat membantu menenangkan pikiran anda, meningkatkan fokus dan membantu anda dalam mengatur waktu yang akan anda habiskan di hari tersebut. Dengan kata lain, latihan meditasi singkat yang dilakukan dari hari ke hari bisa membuat anda menjadi sosok yang lebih produktif. Faktanya, meditasi singkat selama 10 hingga 15 menit dapat membantu anda mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, yaitu jenis saraf yang bertanggung jawab dalam mengistirahatkan dan memperbaiki tubuh anda, serta membuat anda merasa lebih tenang.

Selama berabad-abad, banyak orang menggunakan meditasi untuk menenangkan pikiran yang biasanya menjadi pencegah stres. Di saat ini mungkin anda bisa menemukan berbagai macam cara dan tekhnik yang berbeda dari meditasi, tetapi tujuannya tetap sama, yaitu demi membawa rasa damai di tubuh dan pikiran, serta meningkatkan kesadaran.

Meditasi mampu memberikan ruang untuk diri anda sendiri, sehingga akan mengajarkan anda bagaimana mengubah pola pikir anda dari negatif menjadi positif (selalu positive thinking). Latihan menenangkan ini juga bisa mengajarkan anda bagaimana mengatasi pola pikir negatif dan menanam pikiran konstruktif.

Meskipun pada dasarnya banyak orang lebih memilih meditasi untuk tujuan mengurangi tekanan darah atau membantu menghilangkan stres dan membuat tidur lebih nyenyak, tetapi sebenarnya meditasi memiliki manfaat jauh lebih banyak daripada itu, terutama jika kita berbicara mengenai kesehatan mental.

Untuk lebih tepatnya, berikut adalah beberapa manfaat anda melakukan meditasi:
  1. Mengurangi stress dan kecemasan serta dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis.
  2. Kejernihan pikiran.
  3. Mengatur tekanan darah tinggi.
  4. Meningkatkan kesehatan pernafasan.
  5. Memperbaiki kualitas tidur menjadi lebih baik.

Disarankan untuk melakukan meditasi di pagi hari, atau tepat sebelum orang rumah terbangun dan mulai melakukan aktivitas, yaitu sekitar pukul 4 dini hari dimana biasanya anda akan menemukan ketenangan dan mendapatkan fokus yang lebih baik. Anda juga tidak perlu duduk bersila untuk melakukan meditasi; tiduran atau duduk sambil terfokus pada pernafasan juga termasuk ke dalam meditasi.


Bagaimana Dengan Pola Pernafasan Anda?

Selain meditasi, terdapat pula hal yang penting untuk anda perhatikan, yaitu pola pernafasan anda. Cobalah cek bagaimana cara anda bernafas, apakah santai atau cepat? Jika anda bernafas dari waktu ke waktu – atau bahkan telah menjadi sebuah kebiasaan – dengan cara yang singkat dan cepat, maka secara tidak sadar anda tengah memberitahukan tubuh bahwa anda tengah berada di dalam situasi yang berbahaya.


Mengur pola tidur

Pola tidur yang baik akan mengurangi tingkat kesetresan menjadi berkurang, jika anda mengalami susah tidur sebaiknya lakukan aktifitas yang dapat mengurangi setres, seperti berdo'a, melakukan ibaah-ibadah di malam hari dan usahakan hilangkan semua pikiran yang dapat menggangu jam istirahat anda.


Beribadah

Jika anda seorang muslim jangan takut ketika menghadapi masalah kebahagiaan hidup. Karena sejatinya hidup itu merupakan kenikmatan yang diberi oleh Allah SWT, begitu juga dengan masalah yang membuat hidup menjadi runyam. Itu adalah ujian yang datang untuk melatih anda merendah diri ketika jenjang derajat anda sedang di atas. jangan sesekali merasa bahwa masalah yang datang tidak ada solusinya, karena Allah SWT memberi masalah pasti ada hikmahnya yang bisa anda petik. Melakukan ibadah dengan cara meminta ampun atas segala dosa yang di sengaja maupun tidak, membaca alqur'an, dan selalu berbuat baik kepada sesama merupakan hal yang sangat mujarap untuk membuat hidup bahagia dan terhindar dari stres.

Keadaan tersebut tentu dapat membuat anda memiliki gejala kecemasan dan terdapat potensi anda terkena serangan panik setiap saat. Berbeda dengan cara bernafas yang panjang dan santai, dimana cenderung memberikan tanda bahwa anda tengah berada di situasi yang menyenangkan, meskipun ketika anda tengah sibuk bekerja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel