Penyebab Dan Cara Mengobati Diare Dengan Bahan Alami


Penyakit Diare adalah penyakit dimana tinja atau fases (kotoran) berwujud cair. perut terasa mules sehingga membuat penderita bolak-balik ke toilet untuk BAB. Terjadinya diare secara mendadak bersamaan dengan rasa mual dan muntah.


BAB orang yang terkena diare Biasanya terjadi paling sedikitnya 3-5 X dalam sehari, Tapi jika BAB 2-3 dengan fases yang normal berarti hal tersebut belum bisa di katakan diare. Walaupun diare merupakan penyakit yang umum ditemui namun jangan dianggap penyakit yang enteng, diare bisa berdampak fatal jika penderita mengalami dehidrasi karena banyak kehilangan cairan tubuh. Menurut wikipedia, Diare adalah penyebab kematian umum hampir 40% di derita oleh anak dibawah 5 tahun, diare juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya.


Penyebab Terjadinya Diare :

Penyebab Diare umumnya adalah disebabkan oleh infeksi usus. faktor terbesar terjadinya infeksi pada usus ialah ketika kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang kurang bersih. Selain itu ada beberapa penyebab diare yang sering di temui seperti :
  1. Keracunan makanan
    Sering kita mendengar kata-kata "salah makan" itulah penyebab yang paling sering terjadi ketika mengkonsumsi bahan pangan yang tidak kita ketahui ternyata makanan tersebut sudah tidak layak kosumsi atau telah kadarluasa hal tersebut salah satu penyebab paling besar terjadinya diare. selain itu mengkosumsi makanan yang asam, pedas dan bersantan berlebihan juga merupakan penyebab terjadinya diare.

  2. Mengkonsumsi Minuman 
    Mengkonsumsi minuman yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab terjadinya diare contohnya seperti minum kopi secara berlebihan dan minuman yang mengandung alkohol.

  3. Faktor Pisikologi
    Perilaku dan fungsi mental manusia yang bekerja berlebihan juga berpengaruh besar terjadinya penyakit dire, misalnya gelisah, strees, banyak pikiran dan lainya.

  4. Infeksi virus (pada anak)
    Biasanya terjadi ketika mengkonsumsi sesuatu yang kurang sehat infeksi virus masuk melalui minuman dan makanan yang di konsumsi, jaga pola makan dan jenis makanan khususnya pada anak.

  5. Alergi terhadap gula fruktosa atau laktosa (gula pada susu)
    Sebagian orang yang mengidap keluhan ini sebaiknya menghindari makanan/minuman dari produk susu, sebab hal ini juga berpengaruh besar terjadinya Diare.

  6. Lingkungan kurang sehat
    linkungan yang kurang sehat menjadi faktor utama terjadinya diare, bakteri yang terdapat pada makanan berasal dari linngkungan yang kurang bersih dan sehat. kondisi seperti itu sering kita abaikan tanpa menghiraukan akibat yang akan terjadi.

  7. Jarang berolahraga
    Kurangnya aktivitas olahraga membuat tubuh gampang terserang penyakit hal ini perlu diperhatikan. luangkan waktu untuk berolahraga minimal 2x dalam seminggu.

  8. Reaksi Obat-obatan
    reaksi obat juga dapat menyababkan diare, jenis obat yang sering berdampak pada diare adaah antibiotik sebab obat tersebut bersifat membasmi bakteri baik dan jahat sehingga mengganggu keseimbangan pada usus.

  9. Infeksi bakteri Escherichia coli, Salmonella, dan Vibrio cholera

Macam-macam gejala diare

  1. Perut kembung 
  2. Sakit perut sementara dengan fases sedikit encer
  3. Perut keram dengan Tinja yang sangat encer
  4. Tinja berwarna kehijauan dan ada sedikit bercak darah
  5. Perut keram dan demam tinggi (Diare parah)
  6. Sakit kepala
  7. Mual & muntah

Gejala diare pada anak :
  1. Buang air besar encer 
  2. Mengeluh sakit perut (nyeri)
  3. Demam 
  4. Perut kembung


Jenis Penyakit Diare

  1. Diare akut
    Diare akut yaitu diare yang berlangsung ± 14 hari. Jika berlanjut lebih lama biasanya akan muncul dehidrasi, di stadium ini sangat membahayakan karena dehidrasi seorang penderita diare dapat merenggut nyawa.

  2. Diare persisten
     Diarepersisten adalah jenis diare yang sudah kronis, Bisanya diare tersebut berjalan selama lebih dari 2 minggu secara terus menerus. efek yang akan timbul jika terus menerus akan mengalami penurunan berat badan yang drastis dan dan gangguan metabolisme pada tubuh.

  3. Diare Desentri
    Diare jenis ini akan mengalami kotoran (fases) yang disertai dengan darah.


Cara Cegah Diare

Selain berdampak pada penderita, diare juga dapat menyebar ke orang lain salah satunya yang paling berpotensi ialah anggota keluarga hal yang harus dilakukan untuk mencegahnya adalah
  1. Mencuci tangan sebelum makan
    Mencuci tangan sebelum makan merupakan hal yang wajib untuk di lakukan. Sebab salah satu faktor timbulnya penyakit berawal dari pola hidup yang kurang bersih, tangan merupakan bagian tubuh yang paling gampang untuk bakteri berkembang dan menyebar dengan adanya aktifitas yang dilakukan sehari-hari menggunakan tangan.

  2. Jauhi makanan & minuman yang kurang Bersih
    Makanan dan minuman adalah satu-satunya sumber energi bagi manusia begitu juga sebaliknya, makanan dan minuman juga dapat menjadi media penyebaran penyakit. Makanan dan minuman yang kurang bersih adalah tempat dimana kuman-kuman berkembang biak, oleh karena itu jangan sepele dengan hal tersebut berilah perhatian yang baik untuk hal ini.

  3. Pilih bahan makanan segar
    Dalam keseharian ibu rumah tangga aktifitas rutinya adalah memasak. Teknik terbaik untuk memasak adalah dengan menggunakan bahan-bahan makanan yang segar. contohnya seperti hewani : Ikan, ikan segar merupakan sumber zat gizi yang baik selain bergizi ikan juga akan terasa enak apabila dimasak dengan benar. Namun sebaliknya jika ikan yang di gunakan tidak segar justru kebalikan dari bergizi yaitu tempat dimana kuman-kuman bersarang, walaupun di olah dan dimasak secara bersih tetap saja rasanya akan berbeda dengan ikan yang segar. tips ini juga berguna untuk bahan makanan lainya.

  4. Simpan makanan di tempat yang tertutup
    Supaya makanan tetap bersih terbebas dari kuman jahat sebaiknya simpan lah pada tempat yang tertutup contohnya seperti kulkas dan lemari makanan. hal demikian agar terhindar dari debu, hinggapan lalat, dan bebrapa media lainnya yang mengandung bakteri.


Agar diare tidak menular

Bila anda si penderita diare, ikuti beberapa langkah berikut agar tidak menyebar kepada orang lain :
  1. Pastikan pakaian, handuk, seprai dan beberapa media lainnya agar tidak di gunakan orang lain sebelum anda sembuh dan mencucinya.

  2. Pastikan anda membersihkan toilet dengan baik ketika menggunakannya, agar orang lain yang ingin menggunakan sudah dalam keadaan bersih.

  3. Cuci tangan sebelum dan sesudah makan dengan bersih dan cuci juga beberapa alat makan yang telah anda gunakan guna menghindari orang lain menggunakannya. contohnya : gelas Dll

  4. Pastikan anda selalu menjaga kebersihan dengan baik agar lekas sembuh, kurangi aktifitas yang memberatkan anda, perbanyak istirahat.

  5. Jika masih berlanjut segeralah bawa ke klinik, atau rumah sakit terdekat dan ikuti apa saran dari dokter dengan baik.


Pengobatan Diare Dengan Cara Alami :

Pengobatan diare dapat dilakukan dengan cara alami yaitu menggunakan bahan herbal dan tradisional. Bayak yang sudah membuktikan keampuhan dari obat alami diare. Bahkan beberapa penderita malah berkurang diarenya menggunakan obat alami dari pada obat instan yang di jual di berbagai apotek. Berikut beberapa obat diare alami yang di rangkum :
  1. Obati diare menggunakan Jambu biji
  2. Obati diare menggunakan jahe
  3. Obati diare menggunakan jintan hitam
  4. Obati diare menggunakan pisang
  5. Obati diare menggunakan cuka apel
  6. Obati diare menggunakan yougurt



1. Pengobatan diare dengan Jambu biji


Diare adalah penyakit dimana si penderita akan merasa lemas karena banyaknya cairan tubuh yang terkuras akibat BAB yang terus-menerus. Penyakit diare jangan di anggap hal biasa karena jika diare terus-menerus akibat yang akan ditimbulkan adalah dehirasi, infeksi pencernaan, dan kematian.

Sangat banyak yang bisa di temukan Pengobatan diare menggunakan bahan herbal . keuntungan menggunakan bahan herbal untuk obat diare bisa di rasakan langsung manfaatnya. Salah satunya Jambu Biji cara pembuatan mudah dan praktis berikut caranya :
Bahan :
  1. 20 lembar daun jambu biji lalu cuci bersih
  2. 1 sdt tepung beras

Cara Membuat :
  1. Rebus daun jambu biji sampai mendidih
  2. Setelah mendidih, pisahkan daun tersebut
  3. Tambahkan tepung beras lalu aduk
  4. Tunggu sampai dingin dan minum
  5. Minum 2 kali sehari sebelum dan sesudah bangun tidur agar cepat bereaksi dengan maksimal.

Selain pengobatan untuk obat diare ternyata daun, akar, dan buah jambu biji berfungsi untuk mengatasi beberapa penyakit diantaranya :
  1. Daun & akar di rebus berfungsi untuk mengobati penyakit disentri
  2. Makan pentil jambu biji berguna untuk mengatasi cacingan pada anak (dihaluskan ambil airnya)
  3. Buah jambu biji bermanfaat untuk meningkatkan kadar trombosit yang menurun karena demam berdarah dan mengobati beberapa penyakit lainnya.






2. Pengobatan Diare Menggunakan Jahe 


Jahe tanaman palawija bisa mengobati Diare - Diare adalah penyakit yang membuat fases atau tinja berupa encer (mencret bercampur air) menyerang usus atau perut. keracunan makanan (salah makan) merupakan faktor terjadinya Diare. Diare terjadi disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang kurang bersih, pola hidup tidak sehat dan lingkungan yang kotor.

Cara Mengobati Diare Menggunakan Jahe
Hal yang harus anda perhatikan agar terhindar dari Penyakit Diare adalah pola makan. karena pola makan yang kurang baik akan menimbulkan banyak penyakit pada perut (usus) salah satunya adalah DIARE. Memakan makanan yang asam, pedas, atau bersantan secara berlebihan akan membuat usus terkejut dan merupakan pemicu terbesar terjadinya diare. Berikut cara penyembuhan penyakit diare menggunakan jahe :
  1. Pilih Jahe yang bagus (banyak airnya) biasanya berukuran besar (sudah berumur)
  2. Cuci jahe hingga bersih
  3. Iris sedikit tebal kurang ± sebesar jempol lalu kupas dengan baik
  4. Parut jahe hinnga seperti serabut yang halus lalu peras untuk mendapatkan air jahe (± 2 sendok makan)
  5. Masukkan air jahe kedalam gelas dan beri sedikit garam (jangan di tambah air)
  6. Obat Diare jahe siap diminum

Efek yang akan terjadi tenggorokan akan tersa hangat dan pedas, anda bisa menetralisir rasa tersebut dengan minum air putih. jarak beberapa menit kemudian perut terasa hangat disertai kerap buang angin. Biasanya kurun waktu beberapa jam rasa mulas pada perut akan hilang. Jika dengan pengobatan jahe belum juga reda, sebaiknya bawa ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk berkonsultasi langsung kepada dokter terkait dengan penyakit yang di alami.



3. Mengobati diare dengan jintan hitam


Jintan hitam adalah salah satu solusi yang paling efektif untuk menyembuhkan diare. Membantu melawan Bakteri usus Jahat. Gangguan pencernaan Jintan hitam juga efektif melawan bakteri yang dikenal sangat tahan terhadap obat-obatan, seperti bakteri penyebab kolera, E. coli, dan Shigella spp. Dengan demikian, jintan hitam juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti sakit perut, dispepsia, diare, dan muntaber .

Jintan hitam atau Habbatussauda (Nigella sativa Linn.) adalah rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman obat . Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jenis tanaman ini telah disebut-sebut sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal agama Islam.

Habbatussauda banyak dikenal dengan berbagai nama, diantaranya black seed, black caraway, natura seed, jintan hitam, black cumin, nigella sativa, kaluduru, dll. Digunakan sebagai herbal pengobatan sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi dan tercatat dalam banyak literatur kuno mengenai ahli pengobatan terdahulu seperti Ibnu Sina (980 - 1037 M), dan Al-Biruni (973-1048 M), Al-Antiki, Ibnu Qayyim dan Al-Baghdadi. Ibnu Sina adalah peneliti jenius dari Timur Tengah di bidang pengobatan yang namanya tercatat di semua buku sejarah pengobatan timur maupun barat, hidup antara 980 - 1037 M, telah meneliti berbagai manfaat Habbatussauda untuk kesehatan dan pengobatan. Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat manfaat habbatussauda untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernapasan.




4. Mengobati Diare Menggunakan Pisang


Cara mengobati diare menggunakan pisang - Alasan mengapa buah pisang dapat mengatasi diare, karena pisang merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral. Sedanngkan diare adalah penyakit dimana si penderita akan merasa lemas akibat terlalu banyak mengeluarkan cairan pada tubuh ketika BAB secara terus menerus.

Diare bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, gejala diare antara lain mual, pusing, demam dan sakit perut (melilit). Terjadinya diare biasanya di sebabkan oleh infeksi usus, faktor yang membuat hal itu terjadi adalah salah makan (keracunan makanan), faktor lingkunngan kotor, dan pola hidup yang kurang sehat.

Pisang adalah buah bahan pangan yang memiliki banyak kandungan. Selain kandungan seperti yang di jelaskan di atas ternyata pisang memiliki beberapa zat yang penting bagi tubuh diantaranya kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Selain itu Vitamin yang terkandung dalam buah pisang ialah A, B, & B6. Manfaat lain pada buah pisang meningkatkan kesehatan otak, menstaabilkan cairan tubuh, berguna untuk kesehatan tulang, melancarkan pencernaan, DLL

Cara atasi diare menggunakan pisang
Dalam proses pengobatan diare sebenarnya banyak bahan-bahan alami yang bisa di gunakan. tergantung pada si penderita jika penderita diare adalah anak umur 5 tahun ke bawah maka sangat susah untuk memberi obat dengan rasa yang kurang enak (pahit, dsb). untuk itu pengobatan diare tanpa susah payah tips kesehatan sangat merekomendasikan pisang sebagai obat yang tepat untuk mengobati diare. Selain rasanya yang enak (manis semu masam) pisang dengan terksturnya yang lembut dan lunak nantinya akan menenangkan perut yang masih sering melilit. Cara mengobati diare menggunakan pisang sangat simpel, si penderita hanya mengkonsumsinya saja lebih baik lagi jika si penderita diare mengkonsumsi pisang dengan jumlah yang cukup banyak (mengenyangkaan)




5. Khasit Cuka Apel Untuk Penetral Diare



Apa itu cuka apel ?Cuka apel adalah fermentasi dari sari buah apel dimana bakteri & ragi mengubah gula hingga menjadi alkohol lalu akan berubah menjadi asam asetat, cuka apel di jual di berbagai apotik atau di beberapa tempat tempat penjualan obat.

Khasiat Yang Terkandung Pada Cuka Apel
Cuka apel merupakan obat herbal yang terbukti dapat mengobati berbagai penyakit hal tersebut bisa terjadi karena kandungan yang terdapat pada cuka apel sangat banyak diantaranya adalah :
  1. Mineral, Air
  2. Kalium
  3. Natrium
  4. Pektin
  5. Klorida
  6. Fosfor 
  7. Magnesium 
  8. Fluor
  9. Bioflavonoid
  10. Vitamin A, C, E, B1, B2, B6, B9, dan E.
  11. Karbohidrat 
  12. Protein 
  13. Asam Pantotenat 
  14. Kalsium 
  15. Zink

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan
Dibalik banyaknya kandungan penting pada cuka apel hal ini membuat cuka apel banyak di gunakan sebagai obat atasi berbagai penyakit. Namun banyak yang belum mengetahui tentang ini, untuk anda yang belum mengetahuinya kami merangkum beberapa manfaat cuka apel bagi kesehatan berikut ulasannya :

Cuka Apel menjaga kesehatan sistem pencernaan dan melancarkan BAB
Ketika anda mengalami masalah pencernaan seperti fases keras atau susah BAB yang di sebabakan kurangnya serat. kini masalah tersebut tidak perlu anda cemaskan lagi karena dengan cuka apel, hal tersebut bisa di atasi. hanya dengan mengkonsumsi 1 sendok cuka apel yang dicampur dengan sedikit madu akan melancarkan pencernaan.


Cuka Apel Untuk Diet Penurun Berat Badan
Memiliki badan yang ideal merupakan harapan besar semua orang terutama kaum wanita. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk proses penurunan berat badan seperti mengontrol makanan yang berlemak dan olahraga secara teratur, namun untuk mendukung proses tersebut berjalan maksimal sebaiknya di barengi dengan mengkonsumsi obat pendukung agar berjalan lancar, tapi sebaiknya untuk kesehatan pada tubuh anda diwajibkan untuk mengunakan obat yang aman di karenakan banyak produk yang tidak memiliki izin menjual obat-obatan untuk proses penurunan berat badan. Dalam hal ini Cuka Apel bisa melengkapi proses penurunan berat badan di karenakan kandungan beberapa zat pada cuka apel berfungsi menurunkan berat badan secara alami. caranya pun cukup mudah anda hanya mencampurkan dua sendok cuka apel dalam segelas air dan meminumnya.


Cuka Apel Berfungsi Mengatasi Gula Darah (Diabetes)
Gula darah merupakan hal paling penting untuk kinerja otak, sistem syaraf, dan beberapa jaringan tubuh lainya. Bahan makanan yang mengandung gula darah seperti karbohidrat, protein dan  lemak.

Kadar gula darah yang tinggi tidak baik untuk kesehatan tubuh untuk itu sangat di rekomendasikan Cuka Apel untuk penurun gula darah. Cuka Apel di percarya berfungsi secara optimal untuk menurunkan gula darah, hal ini sudah terbukti sejak lama menurut beberapa hasil studi dan penelitian medis di berbagai Universitas ternama dunia.


Cuka Apel Berfungsi Mengontrol Tekanan Darah Tinggi  (Hipertens)
Tekanan darah tinggi merupakan keluhan terbanyak. khususnya di indonesia pada tahun 2013 penderita hipertensi dari umur 18 tahun ke atas dan lebih anehnya penderita tertinggi adalah wanita yaitu diatas 6 % diatas pria. Untuk mengontrol tekanan darah tinggi sangat di sarankan untuk mengkonsumsi Cuka Apel karena dari manfaat buah apel sendiri mampu menstabilkan tekanan darah pada tubuh.


Cuka Apel Dapat Meringankan Rematik
Rematik merupakan penyakit yang membuat otot dan persendian membengkak sehingga akan menimbulkan rasa sakit pada bagian sendi dan otot yang terkena rematik, Hal ini bisa terjadi karena ada pengendapan zat asam pada bagian sendi. Cuka apel berfungsi untuk meredakan rematik, kandungan magnesium bermanfaat untuk perekat kalsium dan fosfor pada tulang, selain itu cuka apel juga mampu menghalau terjadinya osteoporosis.


Cuka Apel Berguna Untuk Menekan Kolesterol
Kolestrol adalah faktor terbesar timbulnya berbagai penyakit. tingginya kolestrol bisa berdampak pada tubuh yang mudah terserang penyakit berbahaya, untuk menghindari kolestrol agar tetap stabil salah satu langkah yang tepat adalah menjaga pola makan yang sehat, selain itu anda juga bisa menggunakan Cuka Apel untuk menstabilkan kolestrol.


Cuka Apel Mampu Membuang Racun Dalam Tubuh
Selain manfaat yang di jelaskan diatas Cuka Apel berfungsi untuk membuang racun yang ada dalam tubuh manusia. Hal ini terjadi karena kandungan pada Cuka Apel sangat berguna untuk masalah kesehatan.


Cuka Apel Bermanfaat Menghilangkan Noda di Gigi
Noda di gigi sangat mengganggu ketika ingin tertawa atau aktifitas lain sehubungan dengan memperlihatkan gigi, Hal ini menjadi percaya diri menurun. Untuk mengatasi semua itu sangat di sarankan menggunakan Cuka Apel, karena cuka apel memiliki Zat asam yang efektif untuk membersihkan noda pada gigi.


Jaga Kesehatan Jantung Menggunakan Cuka Apel
Jantung adalah organ terpenting tubuh kita, karea jantung berfungsi memopa pembuluh darah yang menyuplai oksegen dan nutrisi keseluruh tubuh. Untuk menjaga jantung agar tetap sehat disarankan untuk menjaga pola makan anda, rajin berolahraga, dan hindari minuman keras atau sesuatu yang merusak jantung, sangat di sarankan untuk mengkonsumsi cuka apel sebagai nutrisi agar jantung tetap sehat.


Cuka Apel Untuk Mengobati Diare 
Diare adalah penyakit dimana si penderita akan kehilangan cairan tubuh yang hilang akibat BAB terus menerus hingga membuat penderita lemas, Untuk memulihkan si penderita sebaiknya makan sesuatu yang mengenyangkan dan perbanyak minum agar pulih dengan baik, Dalam pengobatan Diare cuka apel dapat di jadikan obat diare, caranya hanya mencampurkan beberapa tetes cuka apel kedalam minuman, dan lakukan cara ini dengan rutin supaya mendapat hasil maksimal.


Cuka Apel Obat Infeksi Sinus & Pilek
Pilek, flu, Batuk  merupakan penyakit langganan khususnya ketika cuaca yang berganti dengan cepat atau aktifitas yang membuat sering menghirup udara tidak sehat seperti banyak debu dan lainya. dalam pengobatan penyakit tersebut ternyata Cuka Apel di percaya ampuh untuk mengobati Flu, Pilek, Batuk (penyakit tenggorokan), Cara membuat ramuannya cukup mudah cukup 2 sendok teh kedalam segelas air lau aduk dan minum. Selain itu penggunaan denan cara berkumur menggunakan segelas air yang sudah di capur cuka apel bisa melegakan tenggorkan pada saat flu. anda juga bisa mengkombinasi dengan rempah-rempah seperti jahe & kunyit.



Cuka Aple Dapat Mencegah Alergi Pada Kulit
Alergi pada kulit merupakan penyakit dimana si penderita akan merasa gatal-gatal pada bagian kulit tertentu. Alergi dapat di atasi menggunakan Cuka Apel caranya ambil 6-8 tetes cuka apel dan tambahkan sedikit air, lalu usapkan pada kulit yang terasa gatal akibat alergi.

Itu lah beberapa manfaat yang terkandung pada cuka apel, banyak penyakit yang dapat diatasi dengan cuka apel, Namun ada yang harus anda ketahui yaitu kadar ketika menggunakannya karena ada beberapa efek samping yang dapat terjadi ketika mengonsumsi cuka aple secara berlebihan.




6. Atasi Diare Dengan Yougurt

Diare adalah penyakit dimana si penderita akan buang air besar secara berlebihan dan terus merus selama kurang lebih 1-3 hari. diare disebabkan oleh banyak faktor, diantara faktor paling utama adalah keracunan makanan (salah makan), biasanya hal ini terjadi karena mengkonsumsi makanan yang tidak sehat secara berlebihan dan pola hidup kurang bersih.

Pencegahan diare dapat di lakukan dengan cara sederhana :
Obat Diare Menggunakan Yougurt, Menurut wikipedia yougurt adalah susu yang di buat dengan cara fermentasi bakteri, sekarang yougurt bermacam-macam rasa dan jenis. Yougurt tersedia di pasar, minimarket dan beberapa tempat lainnya.

kandungan pada yougurt :

  1. Energi  = 52 kkal
  2. Protein  = 3,3 gr
  3. Lemak = 2,5 gr
  4. Karbohidrat = 4 gr
  5. Kalsium = 120 mg
  6. Fosfor = 90 mg
  7. Zat Besi = 0 mg
  8. Vitamin A = 73 IU
  9. Vitamin B1 = 0,04 mg
  10. Vitamin C = 0 mg

Manfaat pada yougurt sangat banyak sekali. selain melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan tulang,  kulit, usus, menurunkan darah tinggi, dan meningkatkan kekebalan tubuh Ternyata yougurt juga berfungsi sebagai obat diare. hal ini bisa terjadi karena bakteri baik yang terkandung pada yougurt berfungsi membasmi bakteri jahat pada usus. cara mengobati diare menggunakan yougurt caukup mudah hanya mengkonsumsi yougurt berkemasan kecil perhari dapat menurunkan keluhan diare yang di alami si penderita. Bisa juga dengan bantuan mengknsumsi pisang untuk hasil yang lebih baik.


Silahkan Berkomentar

Disqus Comments