5 Makanan Yang Buruk Untuk Kesehatan Jantung Setelah Usia 40an


Setiap orang pasti membutuhkan jantung untuk tetap bertahan hidup, sehingga sangatlah penting untuk tetap memilih jenis makanan yang harus anda konsumsi setiap harinya. Jika sembarangan memilih, kemungkinan anda akan beresiko terkena diabetes, kolesterol tinggi, hingga berbagai macam penyakit jantung yang mematikan.

Jika seandainya jantung anda dapat berbicara, pasti ia akan mengatakan kepada anda untuk tidak mengkonsumsi beberapa makanan yang membebaninya dari waktu ke waktu seiring dengan berjalannya usia anda. Beberapa makanan yang sangat tinggi akan natrium, gula, dan lemak bisa menjadi racun bagi otot penting anda tersebut.

Lantas, makanan buruk apa sajakah sih yang perlu anda hindari demi menjaga kesehatan jantung anda? Dimulai dari makanan lezat hingga yang sangat terkenal, berikut adalah 5 makanan yang buruk bagi jantung anda.

Yogurt Rasa Buah
Anda mungkin pernah mendengar bahwa yogurt sangat baik untuk kesehatan anda, terutama usus dan saluran pencernaan. Tetapi sayangnya, ada kalanya yogurt bisa sangat berbahaya untuk jantung anda, terutama yogurt dengan pemanis buatan dimana bisa membuat lonjakan terhadap gula darah anda.

Kondisi ini biasanya akan menyebabkan anda mengalami peradangan dan membuat berbagai macam penyakit jantung mulai bermunculan. Bahkan Adam Splaver, MD, seorang kardiolog klinis dan wakil pendiri Nano Health Associates menjelaskan bahwa segala makanan yang mengandung glukosa, fruktosa, atau jenis gula lainnya sangatlah buruk terhadap kesehatan jantung anda karena bisa meningkatkan peradangan dan pembengkakan yang bisa menyebabkan anda terkena penyakit kardiovaskular.

Steak Tinggi Lemak< br/> Kita semua tahu bahwa lemak dapat membuat berat badan anda naik secara drastis, sehingga sangat disarankan untuk selalu menghindari makanan yang satu ini. Tetapi karena manusia pada dasarnya tidak akan bisa terpisah dengan makanan daging – kecuali jika anda telah menjadi seorang vegetarian – maka anda bisa menggantinya dengan daging sapi pemakan rumput karena telah dikenal sebagai jenis daging rendah lemak.

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan di Asia Pacific Journal of Clicinal Nutrition menemukan bahwa daging sapi rendah lemak tidak hanya mampu mengurangi kolesterol, tetapi juga bisa meningkatkan kesehatan jantung anda karena kandungan asam lemak omega-3 yang dimilikinya.


Ayam Goreng
Daging ayam telah terbukti menjadi salah satu makanan yang mampu meningkatkan kesehatan jantung anda. Tetapi sayangnya, ayam goreng tidak sesehat ayam yang diolah secara dibakar. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nutrition, Metabolism, and Cardiovaskular Deseases bahkan menemukan bahwa mengkonsumsi makanan gorengan – termasuk ayam goreng – dapat meningkatkan resiko anda terkena obesitas sebanyak 4 kali lipat, sehingga beresiko terhadap kesehatan jantung anda.


Diet Soda
Menurut para peneliti dari Sponge Loma Linda University mengatakan bahwa meminum air putih setidaknya 5 gelas per hari mampu mengurangi resiko anda terkena penyakit jantung sebanyak 60%. Lantas, kenapa anda malah lebih memilih mengkonsumsi minuman bersoda yang jauh lebih mahal? Minuman bersoda, termasuk soft-drink dan diet soda tetap mengandung pemanis buatan yang telah dikaitkan dengan kenaikan berat badan dan resiko kardiometabolik. Jadi, ketika anda mulai merasa kehausan setelah melakukan berbagai macam aktivitas, cobalah untuk lebih membiasakan diri memilih air putih yang jauh lebih murah dan menyehatkan.


Pizza
Makanan dari negeri Italia ini kini sudah menjadi salah satu makanan favorit bagi orang-orang yang berada di kota-kota besar. Padahal makanan tradisional dan khas Indonesia yang dipenuhi dengan rempah-rempah jauh lebih menyehatkan. Kunyit, jahe, cabai rawit, cabai merah, bawang putih, dan berbagai macam bahan makanan ini seringkali kita temui di dalam masakan Indonesia yang telah dikaitkan dengan berbagai macam manfaat kesehatan.

Lain lagi dengan Pizza yang cenderung lebih mahal, dimana menurut National Cancer Institute mengatakan bahwa makanan ini termasuk ke dalam salah satu jenis dengan kadar lemak jenuh yang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis makanan apapun. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa lemak jenuh sangatlah buruk terhadap kesehatan anda, termasuk bisa meningkatkan resiko anda terkena berbagai macam penyakit jantung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel