5 Penyebab Timbulnya Lemak di Lengan Tips Diet


Mari kita akui, pastinya terdapat beberapa area di tubuh yang dipenuhi dengan lemak dan sangat sulit untuk menghilangkannya. Salah satunya mungkin lemak yang timbul di area lengan anda, dimana bisa sangat memalukan karena merupakan salah satu area tubuh yang paling sering terlihat. Faktanya, terdapat jutaan orang yang mengalami timbulnya lemak di area lengan tersebut di seluruh dunia.

Pada dasarnya, timbulnya lemak bisa diakibatkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah susunan genetik yang tengah anda miliki. Biasanya, tubuh anda akan cenderung memilih tempat tertentu sebagai penyimpanan lemak. Beberapa yang paling umum terjadi diantaranya adalah perut, paha, leher, pinggul, dan bahkan lengan.

Timbulnya lemak yang tidak diinginkan tersebut bisa menjangkiti siapa saja, terutama kaum wanita yang cenderung memiliki resiko lebih besar daripada kaum pria. Terlebih lagi, lemak yang timbul di tangan menjadi area yang paling sulit untuk dihilangkan.

Nah, selain faktor genetik, terdapat pula beberapa faktor lainnya yang menyebabkan timbulnya lemak di lengan anda yang akan kami bahas di bawah ini. Meskipun pada dasarnya anda tidak dapat mengontrol dimana tubuh anda akan menyimpan lemak tersebut, tetapi jika anda mengetahui beberapa penyebabnya, maka kemungkinan bisa lebih mudah dalam melakukan pencegahan.

Penyebab timbul lemak di lengan

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula Rafinasi
Ketika anda mengkonsumsi terlalu banyak makanan olahan dan gula rafinasi, maka tubuh anda akan sulit untuk memproses makanan-makanan tersebut menjadi energi. Alhasil, kelebihan karbohidrat yang anda konsumsi tersebut akan disimpan menjadi lemak di salah satu area tubuh anda yang tidak bisa anda kontrol sama sekali, termasuk ke area lengan.


Pembatasan Kalori
Salah satu syarat dasar dalam diet menurunkan berat badan adalah mengkonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang anda keluarkan atau bakar, dimana kondisi ini disebut dengan defisit kalori. Rata-rata, kehilangan setengah kilogram setara dengan defisit kalori sebanyak 3.500 kalori. Secara matematis, ini artinya jika anda memiliki 500 defisit kalori per hari, maka anda bisa mengurangi berat badan sebanyak setengah kilo dalam seminggu. Tetapi jika anda tidak melakukannya secara teratur, maka akan terjadi pengumpulan lemak dan bisa menyerang area tangan anda.


Jarang Berolahraga
Selain dari pembatasan kalori dalam jumlah tertentu, kehilangan jenis lemak biasanya membutuhkan aktivitas olahraga demi menumbuhkan otot dan membakar lemak yang tersimpan di tubuh anda. Jika anda cenderung membatasi asupan makanan, atau memiliki pola makan sehat, kemungkinan anda akan kehilangan berat badan. Tetapi jika diet tersebut tidak dibarengi dengan olahraga yang teratur, maka tubuh anda tidak akan mampu menyeimbangkan dengan penurunan berat badan tersebut, sehingga lemak di tangan anda akan terus menempel dan kondisinya akan semakin parah dari waktu ke waktu.


Kadar Hormon
Perubahan kadar homor juga bisa memiliki efek besar terhadap kemampuan tubuh anda dalam membakar lemak secara efektif. Sebut saja testosteron yang cenderung terdapat dalam pria, tetapi juga bisa memainkan peran penting dalam kesehatan kaum wanita, terutama dalam membangun otot. Masalah muncul ketika anda memiliki gangguan keseimbangan hormon yang dapat menghambat pertumbuhan otot dan mengarah ke timbulnya lemak di lengan anda.


Faktor Usia
Seiring dengan berjalannya usia anda, maka otot-otot anda akan mulai rusak pada tingkat yang lebih cepat, terutama jika anda tidak memakainya (melatihnya) dalam jangka waktu yang sangat lama. Saat kesegaran otot anda mulai hilang, maka lemak akan mulai menggantung di tangan dan membuatnya menjadi sedikit lebih longgar, sehingga membuatnya sangat tidak sedap dipandang. Solusi yang bisa anda lakukan adalah tetap aktif dalam menjalani latihan agar otot-otot anda tidak mudah rusak dan senantiasa terjaga dengan baik.


Silahkan Berkomentar

Disqus Comments