5 Faktor Ini Membuat Berat Badan Anda Naik, Meskipun Tengah Berdiet


Anda sudah mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan mengikuti gaya hidup yang sehat. Tetapi anehnya anda tetap tidak bisa menurunkan berat badan anda, atau malah membuat berat badan anda kembali naik secara drastis.

Meskipun pada dasarnya berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan sehat merupakan cara yang efektif dalam mengurangi berat badan, tetapi terdapat pula beberapa hal mengejutkan dan terbilang cukup aneh yang membuat berat badan anda kembali naik, dimana mungkin anda belum pernah mengetahuinya selama ini.

Tetapi jangan khawatir, karena melalui artikel ini kami akan paparkan untuk anda, beberapa penyebab dan alasan anda tidak bisa mengurangi berat badan sejauh apapun anda berusaha.

Penyebab gagal diet

Masalah Tiroid
Tiroid, yaitu sebuah kelenjar yang terletak di area leher anda ini bertugas dalam mengatur berbagai macam fungsi di dalam tubuh, termasuk metabolisme. Tetapi terkadang anda bisa mengalami gangguan dimana tiroid anda menjadi kurang aktif dan mengarah kepada kondisi yang disebut dengan hipotiroidisme. Tentu saja, salah satu gejala dari gangguan tiroid ini adalah kenaikan berat badan.

Kemungkinan terburuknya adalah kondisi ini berkembang secara lambat sehingga biasanya anda akan sulit sekali mengetahui gejalanya. Sampai akhirnya, penyakit tersebut berada di tahap yang sangat parah. Jika masalah tiroid ini menjadi alasan utama anda mengalami kenaikan berat badan, maka anda tidak akan bisa mendapatkan berat badan yang ideal sekeras apapun anda berusaha.


Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Sehat
Terdengar cukup aneh, kan? Tetapi nyatanya memang demikian. Jika pada dasarnya mengkonsumsi makanan sehat mampu membantu anda mengurangi berat badan, tetapi ada kalanya kebiasaan ini akan berbalik merugikan anda jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak, sehingga membuat anda mengalami kenaikan berat badan yang tak terkendali.


Dehidrasi
Di awal tahun ini, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Utah menemukan bahwa meminum dua gelas air sebelum makan mampu mempercepat penurunan berat badan secara signifikan. Sehingga tidaklah mengejutkan jika tubuh anda kurang mendapatkan cukup cairan, maka anda bisa mendapatkan efek sebaliknya, yaitu memperbesar lingkar pinggang anda.

Tidak mendapatkan cukup cairan akan membuat anda memiliki keinginan untuk mengkonsumsi lebih banyak kalori sehingga mengarah ke kenaikan berat badan. Ditambah lagi ketika anda mengalami dehidrasi, maka tubuh anda akan menghemat cairan di tubuh untuk mempertahankan fungsi vital di tubuh, sehingga menyebabkan edema (retensi cairan) dalam jumlah yang sangat tinggi.


Depresi
Apakah anda merupakan tipe orang yang doyan mengkonsumsi antidepresan ketika merasa stres atau tertekan? Maka kemungkinan anda akan mengalami kenaikan berat badan. Faktanya, menurut Alissa Rumsey, seorang ahli diet terdaftar dan juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan bahwa sebanyak 25% orang yang mengkonsumsi antidepresan melaporkan kenaikan berat badan sebanyak 5 kg atau lebih.


Begadang atau Telat Tidur
Anda telah menjalani pola makan yang sehat dan berolahraga yang teratur, tetapi masih melakukan kebiasaan buruk seperti begadang atau tidur larut malam, maka usaha anda kemungkinan akan sia-sia. Penelitian demi penelitian telah dilakukan dan menemukan bahwa terdapat keterkaitan antara kurangnya tidur di malam hari dan meningkatnya lingkar pinggang anda.

Alasan utamanya karena kurang tidur dapat meningkatkan kadar hormon lapar yang disebut dengan ghrelin, sekaligus mengurangi kadar hormon perasaan kenyang yang disebut dengan leptin. Penelitian lainnya juga mengatakan bahwa ketika anda kekurangan tidur, maka otak anda akan lebih merespon terhadap junk-food dan kehilangan kemampuannya dalam mengontrol porsi makanan tertentu.


Silahkan Berkomentar

Disqus Comments