Bagaimana Diet khusus untuk orang gemuk?


Jika tubuh gemuk atau kelebihan berat badan maka sebaiknya segera mengganti makanan dan melakukan aktivitas fisik lebih aktif.

Berikut adalah tips untuk diet dengan obesitas atau kelebihan berat badan dan penting untuk memastikan bahwa diet mengikuti panduan berikut :

Cara Diet Untuk Orang Gemuk

  1. Agar tubuh Anda tetap sehat, pilihlah makanan rendah lemak seperti daging rendah lemak, udang, kepiting, ikan, daging tanpa lemak, susu kedelai, keju tanpa lemak, telur, kacang-kacangan. Makanlah lebih banyak ikan daripada daging. Sebaiknya makan direbus, dikukus, dipanggang karena rendah lemak. Sebaiknya minum susu seperti susu skim berlemak atau susu tanpa gula, susu kaya kalsium, yogurt sedikit atau tanpa gula. Konsumsilah setiap hari 1-2 cangkir.

  2. Gunakan glukosa serat tinggi seperti: roti hitam, biji-bijian, kentang. Makan perlahan, mengunyah yang benar, jangan makan terlalu banyak, jangan terlambat makan.

  3. Makan sayuran hijau dan buah-buahan dimasak 500g / hari, jadi siapkan di rebus, dimasak atau dibuat salad. Tingkatkan konsumsi sayuran, akar, buah manis seperti singkong, apel, semangka, plum, jambu biji, buah naga. Sebaiknya makan lebih sedikit tepung. Jika Anda merasa lapar, Anda bisa mengonsumsi makanan olahan atau makanan berkalori rendah ini, tetapi membantu menambah energi tubuh Anda.`

  4. Menyediakan cukup vitamin dan mineral: makanan kurang dari 1.200Kkal sering kekurangan vitamin dan mineral seperti kalsium, zat besi, vitamin E. Harus mengkonsumsi multivitamin dan mineral setiap hari.
    • • Minum cukup 2 - 2,5 liter air sehari.
    • • Batasi asupan garam, hanya di bawah 6g / hari, jika ada tekanan darah tinggi, hanya 2-4g / hari.

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi:

  1. Makanan berlemak: daging berlemak, kaldu daging, mentega, daging kaki.
  2. Makanan kolesterol tinggi: otak, jantung, hati, ginjal, jantung.
  3. Makanan yang menambahkan lebih banyak lemak: roti mentega, mentega sayuran, gorengan, makanan yang digoreng.
  4. Makanan berkalori tinggi seperti empedu, jelly, permen, kue kering, coklat, minuman ringan.
  5. Minuman dengan stimulan: alkohol, bir, kopi.



Berikut adalah beberapa tips diet khusus untuk orang gemuk:

  1. Diet kalori sangat rendah: Diet cair dengan 800 kalori sehari, masih mengandung protein tinggi dengan bioavailabilitas tinggi dan cukup vitamin, mineral, elektrolit dan asam lemak esensial. . Diet energi yang sangat rendah seharusnya hanya bertahan dalam 12-16 minggu dan diet ini benar-benar menggantikan makanan dengan makanan biasa. metode ini hanya untuk penderita obesitas dengan BMI> 30 dan terutama mereka yang memiliki gangguan lain seperti diabetes tipe 2, hipertensi, hiperlipidemia, sleep apnea.

  2. Alternatif Diet: Dengan diet rendah kalori, hanya satu atau dua makanan yang digantikan oleh minuman, bukan keseluruhan makanan.

  3. Selain mengadopsi diet khusus, Anda juga harus menjaga aktivitas olahraga minimal 30 menit sehari, seperti berjalan kaki, berenang, aerobik, bersepeda. Tubuh menyediakan cukup energi untuk berjalan atau berjalan 100km. Jika Anda berjalan sejauh 2,5 km (yaitu berjalan 20 - 30ph) sehari dan melakukannya secara teratur selama 5 hari / minggu maka Anda akan kehilangan sekitar 6.5 kg lemak dalam waktu 1 tahun dengan syarat Jangan makan energi berlebih.

  4. Pastikan tidur nyenyak 7 - 8 jam sehari. Harus tidur lebih awal, batasi begadang sampai larut malam. Selain itu, Anda perlu memantau bobot mingguan dan pemeriksaan kesehatan setiap 3 sampai 6 bulan.

Sekian informasi dari kami tentang Bagaimana Diet khusus untuk orang gemuk, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel