Resep dan cara membuat roti maryam praktis

Cara membuat roti maryam yang enak

Resep Roti Maryam Empuk Mudah dan Praktis – Roti maryam merupakan menu khas daerah timur tengah yang sedang naik daun di Indonesia. Roti yang mengeyangkan ini merupakan makanan pokok daerah timur tengah sana yang biasa disajikan dengan kari kambing atau madu. Jika anda ingin merasakan sensasi mencicipi hidangan khas timur tengah, roti maryam merupakan menu yang tepat untuk dicoba. Menu makanan ini memiliki tekstur yang empuk dengan rasa manis dan gurih menjadi satu.

Membuat roti maryam memang memerlukan ketelatenan terutama pada sesi membentuk adonannya. Sebenarnya bahan yang diperlukan cukup sederhana. Yaitu tepung terigu dan susu bubuk sebagai bahan utamanya. Roti maryam dimasak dengan proses dipanggang. Untuk memanggangnya anda bisa menggunakan teflon anti lengket jika tidak memiliki alat pemanggang khusus. Dibawah ini ulasan lengkapnya untuk membuat roti maryam yang empuk dan praktis.


Cara Membuat Roti Maryam Empuk Mudah dan Praktis

Bahan-bahan :
  • Tepung terigu ½ kg
  • Susu kental manis 4 sendok makan
  • Telur 1 butir
  • Kuning telur 1 butir
  • Susu bubuk 2 sendok makan
  • Margarine 110 gram
  • Margarine untuk olesan 100 gram
  • Air hangat 225 ml
  • Minyak goreng 55 ml
  • Garam secukupnya
  • Gula sesuai selera


Cara Membuat Roti Maryam Mudah dan Praktis:
  1. Pertama-tama campurkan tepung terigu yang telah diayak dengan garam dan gula pasir secukupnya. Aduk hingga merata dan tambahkan susu bubuk.
  2. Sementara didalam wadah lain, masukan air hangat dan 1 kuning telur. Aduk merata kemudian tambahkan 1 butir telur ayam. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. 
  3. Tuang campuran air hangat tadi sedikit demi sedikit kedalam campuran tepung terigu dan aduk hingga adonan kalis. Tambahkan margarine leleh dan aduk kembali hingga adonan kalis.
  4. Jika adonan masih encer, tambahkan tepung terigu untuk mengkaliskan adonan dan bagi adonan menjadi 14 bulatan.
  5. Oleskan margarine untuk pengoles pada tangan kemudian oleskan pula pada bulatan adonan.
  6. Celupkan adonan kedalam minyak dingin kemudian diamkan kurang lebih 2.5 jam atau paling lama semalaman. Lakukan hingga adonan terolesi minyak secara menyeluruh.
  7. Ambil bulatan adonan kemudian pipihkan hingga adonan benar-benar tipis seperti memipihkan adonan martabak. Gulung adonan menjadi panjang kemudian bentuk melingkar seperti bentuk obat nyamuk.
  8. Sementara itu panaskan teflon kemudian panggang hingga kecoklatan dan ulangi hingga adonan habis. Roti maryam siap dihidangkan.

Anda bisa langsung menyantap roti maryam ini dengan aneka toping misalnya selai coklat, atau bumbu kari. Selamat mencoba membuat roti maryam. jangan lupa share artikel ini ke teman-teman yang lainya yaa...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel