Cara mengobati batuk menggunakan kencur


Manfaat kencur untuk obat batuk - Kencur adalah salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan. Kencur sering di jumpai di pasar-pasar tradisional, di warung belanja harian & juga ada di tempat ramuan pembuat jamu, selain digunakan sebagai bumbu masak, ternyata khasiatnya juga mujarap bila di racik untuk obat batuk. ngomong-ngomong soal batuk, batuk paling sering dianggap keluhan penyakit ringan tapi jangan salah batuk juga bisa menjadi penyakit berat jika tidak ditangani segera.

Sebagian dari kita mengatasi batuk ini dengan cara mengkonsumsi obat-obatan kimia yang dijual bebas di warung, apotik, dan tempat lainnya. Sebagian orang berpendaapat bahwa dengan mengomsumsi obat batuk kimia bisa membuat kita ketergantungan pada obat tersebut.

Ketika tidak mengkonsumsi obat keluhan batuk akan muncul kembali. tidak semua orang bisa menganalisa penyebab batuknya, karena batuk merupakan gejala dari berbagai penyakit khsusunya di saluran pernapasan, terjangkitnya batuk disebabkan oleh alergi pada debu, pengaruh makanan, dan tularan dari orang di sekeliling kita yang sedang mengidap batuk.

Batuk bisa terjadi akibat faktor tertentu seperti debu, batuk juga dapat disebabkan oleh berbagai hal contohnya karena infeksi saluran pernapasa bagian atas ( ISPA ) yang merupakan gejala flu, alergi, asma, tersedak, menghirup asap rokok dan lain sebagainya.


Salah satu Obat Tradisional yang tepat untuk membantu penyembuhan batuk ialah kencur. Kencur + daun sirih akan semakin mujarp dalam mengatasi batuk. Di dalam Tanaman Obat Kencur terdapat beberapa senyawa kimia diantaranya pati, minyak mineral, atsiri, asam cinnamic, asam metil kanil, penta dekaan, dan ethyl aster. selain itu, kencur juga mengandung asam anisic, paraeumarin, borneol, kamphene, gam. dan alkaloid.


Bahan :
  1. 7 lembar daun sirih.
  2. Gula batu secukupnya.  
  3. 30 gr kencur. 
  4. 600 cc air. 

Cara Meracik Ramuannya :
  1. Cuci bersih-bersih semua bahan yang telah disiapkan sebelumnya. 
  2. Lalu potong berukuran kecil daun kencur, campurkan dengan tujuh lembar daun sirih. 
  3. Rebus dengan air 600 cc hingga air tersisa 300 cc ( separuhnya ). 
  4. Sajikan ramuan ini dalam 2 gelas untuk 2 kali minum. 
  5. Minum ramuan herbal tersebut dua kali sehari sampai batuk mulai reda.
Itulah tadi tips cara meramu kencur menjadi obat batuk semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang mengalami batuk. Dukung kami terus dengan cara like fanspage dancer artikel ini kepada teman-teman atau saudara yang sudah mengalami batuk. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel