Tugas Daring ( Menganalisis Komunikasi Sinkron Dan Adinkron Dalam Jaringan

Nama : EKO DEDI PURWANTO, S.Kom.
Mata Pelajaran : Simulasi Dan Komunikasi Digital
Hari/Tanggal : Kamis 30 April 2020

Asslamualaikum anak-anaku Smk Tunas Wiyata, Dengan mengucap Alhamdulillah..puji sukur kehadiran allah S.W.T yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga dalam kesempatan yang baik ini kita semua masih dapat melakukan aktifitas sehari-hari. Walaupun dalam situasi pandemi covid-19 ini kita tetap melakukan aktifitas belajar ya nak.. yang membedakan hanyalah tempat saja, biasanya kita belajar dikelas tetapi saat ini kita belajar dari rumah secara daring dengan memanfaatkan media yang ada seperti smarphone maupun laptop.

Dalam kesempatan kali ini bapak akan memberikan sebuah materi berkaitan dengan Komunikasi Sinkron Dan Asisnkron dalam jaringan, untuk itu silahkan kalian pelajari dan pahami materi dibawah ini..    

Smk Tunas Wiyata Way Tuba



KOMUNIKASI SINKRON DAN ASINKRON DALAM JARINGAN

Komunikasi dalam jaringan atau komunikasi daring adalah komunikasi antar sesama dengan mennggunakan perantara jaringan internet.

A. Komunikasi Daring Sinkron (serempak)
  

1. Pengertian Komunikasi Sinkron 

Komunikasi sinkron (Serempak) adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time).


2. Contoh Komunikasi Sinkron

Text chat
Text chat adalah sebuah fitur, aplikasi, atau program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang daring (yang sama – sama sedang menggunakan Internet). Komunikasi teks dapat mengirim pesan dengan teks kepada orang lain yang sedang daring, kemudian orang yang dituju membalas pesan dengan teks, demikian seterusnya. Itulah proses terjadinya text chatting.

Video chat
Video chat merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda. Video chattingbiasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun tablet atau smartphone (juga disebut telepon video call). Video chatting dapat berupa interaksi point-to-point (satu-satu), seperti FaceTime dan Skype, atau interaksi multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak-ke-banyak), seperti dalam Google+ Hangouts. Video chatting sering disalahartikan dengan video conference.
 
3. kelebihan dan kekurangan komunikasi sinkron 

Kelebihan
  • kecepatan transmisi yang kian laju karena pada sinkron tidak memakai bit lanjutan setiap memberikan paket data.
  • Dilakukan secara real time yang berarti tidak ada waktu tunda diantara pengguna.
  • Dapat dilakukan secara massal.
  • Dapat melakukan grouping.
  • Memungkinkan untuk melakukan komunikasi visual.
Kekurangan :
  • Tidak bisa mewakili emosi pengguna. (ralat, sekarang ada emotikon).
  • Harus online untuk bisa berkomunikasi secara langsung.    
  • Menggunakan lebih banyak kuota internet, apalagi kalau melakukan video call.



 B. Komunikasi Daring Asinkron (tak serempak)
  
1. Pengertian Komunikasi Asinkron
 
Komunikasi asinkron(tak serempak) adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda.

 2. Contoh Komunikasi Asisnkron
  • e-mail
  • forum
  • rekaman simulasi visual
  • serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.

3. kelebihan dan kekurangan komunikasi asinkron
 
Kelebihan :
  • Tidak terbatas
  • Dapat digunakan untuk kepentingan resmi
  • Tidak harus langsung membalas
  • Tidak ada notifikasi “terbaca” di sang pengirim

Kekurangan:
  • Hanya mencakup hal-hal penting
  • Spam

Fungsi Komunikasi Dalam Jaringan
 
Beberapa fungsi dari komunikasi jaringan adalah :

1. Menyingkat Waktu
Dengan adanya komunikasi dalam jaringan, maka proses komunikasi yang berlangsung bisa menjadi lebih singkat. Hal ini karena media komunikasi yang terjadi bisa memungkinkan penyampaian pesan secara cepat. Tentu saja ini akan menjadikan proses komunikasi menjadi lebih efektif dan efisien. Fungsi-fungsi komunikasi menjadi lebih cepat untuk diterapkan.
 
2. Pengiriman Data dalam Jumlah Besar
Data bisa dikirimkan dalam jumlah besar, menyebabkan proses pengiriman pesan tersebut menjadi lebih cepat. Pesan atau informasi juga tidak akan berubah bentuk. Simulasi digital saat ini sudah berkembang hingga end-to-end encryption, yakni proses enkripsi pesan dari pengirim kepada penerima pesan sehingga tidak ada pihak lain yang bisa mencuri data tersebut.
 
3. Menghilangkan Jarak
Jarak mungkin menjadi salah satu hambatan dalam komunikasi, namun dengan adanya komunikasi dalam jaringan, maka jarak seakan hilang. Proses komunikasi menjadi lebih mudah dan juga efektif. Jarak semacam bukan hambatan lagi. Siapa saja bisa bertukar informasi melalui komunikasi dalam jaringan ini. (Baca juga: Fungsi gatekeeper dalam jaringan komunikasi organisasi)
 
4. Memungkinkan Komunikasi dalam Skala Besar
Selain beberapa fungsi dasar tersebut, ada fungsi komunikasi dalam jaringan simulasi digital yang memungkinkan proses komunikasi dalam skala besar. Ini artinya, komunikasi bisa berlangsung dengan melibatkan beberapa orang sekaligus. Proses ini tentu saja membuat komunikasi menjadi lebih efektif sebab tidak perlu menggunakan media yang kompleks.
 
5. Pengungkapan Emosional
Beberapa individu mungkin akan lebih nyaman ketika mengungkapkan apa yang dirasakannya tidak secara langsung. Komunikasi dalam jaringan termasuk bisa menjadi solusi terhadap ini. Seseorang bisa lebih bebas dalam mengungkapkan emosinya dibanding ketika harus berbicara secara langsung.
 
6. Pengendali Komunikasi
Jaringan simulasi digital bisa menjadi pengendali komunikasi itu sendiri. Ini artinya, arus pesan atau informasi yang akan dikirim atau disampaikan akan sangat bergantung dengan bagaimana kualitas jaringan tersebut. Terdapat konsep pooling dalam jaringan komunikasi data yang merupakan salah satu bagian dari pengendali komunikasi.
 
7. Sarana Motivasi
Sama halnya seperti pengungkapan emosional, komunikasi dalam jaringan ini juga bisa menjadi sarana motivasi yang efektif sebab penyampaian pesan bisa ditujukan langsung kepada target tanpa harus memukul rata informasi tersebut kepada semua orang. (Baca juga: Tujuan komunikasi daring sinkron)
 
8. Sarana Evaluasi
Umpan balik atau evaluasi juga bisa disampaikan secara langsung pada seseorang melalui penerapan komunikasi daring simulasi digital tersebut. Ini juga akan membuat proses komunikasi yang berlangsung menjadi lebih cepat dan efektif.

Anak-anaku Smk Tunas Wiyata, itulah materi tentnag Komunikasi Sinkron Dan Asinkron Dalam Jaringan, Semoga materi diatas menambah pengetahuan kita semua dan pelajarilah materi diatas dengan seksama, tetap semangat, jangan keluyuran, jangan ngabuburit... sayangi keluarga dan orang terdekat kalian dengan tetap dirumah saja. Terimakasih

0 Response to "Tugas Daring ( Menganalisis Komunikasi Sinkron Dan Adinkron Dalam Jaringan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel